Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:24 WIB | Rabu, 27 April 2016

Tontowi/Liliyana Bertekad Pertahankan Gelar di BAC

Ilustrasi: Liliyana Natsir (kiri) dan Tontowi Ahmad (kanan) dalam sebuah kejuaraan bulu tangkis beberapa waktu lalu. (Foto: badmintonindonesia.org).

WUHAN, SATUHARAPAN.COM – Andalan bulu tangkis ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir mengemukakan dia dan rekannya Tontowi Ahmad bertekad mempertahankan gelar yang pernah diraih di Kejuaraan Badminton Asia Championship (BAC) satu tahun lalu dapat terulang lagi.

“Tahun lalu kami bisa juara. Mudah-mudahan kami bisa mengulang seperti hasil tahun lalu. Tapi lawan juga semakin merata,” kata Liliyana saat melakukan latihan ringan menjelang BAC 2016 di Wuhan Sport Center Gymnasium, Wuhan, Tiongkok, hari Selasa (26/4).

Pada BAC 2015, Indonesia membawa satu gelar melalui pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang mengalahkan wakil Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah dengan skor 21-16 dan 21-15.

Sementara pasangan ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan harus puas menjadi runner up.  

Liliyana mengaku tidak ingin lengah di lapangan. Keduanya bertekad untuk bisa mempertahankan gelar dan bisa memberikan penampilan terbaiknya. Kejuaraan tersebut berlangsung mulai dari hari Selasa (26/4) sampai dengan hari Minggu (1/5).

Liliyana melihat setiap tahun semakin banyak pebulu tangkis usia potensial di banyak negara Asia.

“Kami mungkin harus waspada karena banyak pemain dari berbagai negara yang sudah memiliki teknologi canggih sehingga bisa mempelajari permainan lawan dari video di Youtube,” kata dia.

Liliyana mengemukakan kalau dari aspek fisik dan teknis hampir sama maka yang membedakan Liliyana-Tontowi dan pebulu tangkis lainnya adalah kekuatan mental di lapangan.

Menemani Tontowi/Liliyana, ada tiga ganda campuran Indonesia antara lain juara All England 2016 Praveen Jordan/Debby Susanto, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja dan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti.

Sementara itu andalan tunggal putri Linda Wenifanetri merasa makin mantap karena BAC 2016 menjadi kejuaraan terakhir dalam penghitungan poin menuju Olimpiade Rio 2016.

“Saya ingin dapat tampil  maksimal. Tapi saya tetap harus fokus. Karena di babak pertama lawannya  nggak mudah. Apalagi di pertemuan terakhir, saya kalah dari dia,” kata Linda.

Di babak pertama, Linda akan berhadapan dengan pemain Thailand, Nitchaon Jindapon.  Bersama Linda, tiga tunggal putri andalan Indonesia lain yang turun antara lain Maria Febe Kusumastuti, Hanna Ramadini dan Fitriani.

Daftar lengkap nama-nama atlet Indonesia yang berlaga di BAC 2016 adalah:

Tunggal Putra: Tommy Sugiarto, Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie.

Tunggal Putri: Linda Wenifanetri, Maria Febe Kusumastuti, Hanna Ramadini, Fitriani.

Ganda Putra: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Berry Angriawan/Rian Agung Saputro.

Ganda Putri: Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari, Mychelle Crhystine/Serena Kani.

Ganda Campuran: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti. (badmintonindonesia.org). 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home