Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:26 WIB | Minggu, 24 April 2016

Transjakarta akan Layani Penumpang Bekasi dan Depok

Ilustrasi. Bus Transjakarta baru untuk menambah bus koridor 1 jurusan Blok M-Kota. (Foto: Dok. satuharapan.com/Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Bus Transjakarta tujuan Bekasi dan Depok rencananya akan dioperasikan mulai Senin (25/4). Perpanjangan rute bus Transjakarta dilakukan untuk mengakomodir tingginya mobilitas penumpang dari dan menuju Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, untuk tahap awal, sebanyak 40 bus akan beroperasi untuk tujuan Bekasi dan 30 bus beroperasi ke Depok.

"Jadi jalurnya dari Jakarta menuju Bekasi Timur 20, Bekasi Barat 20, ‎untuk Depok satu jalur saja," ujarnya, Minggu (24/4).

Untuk masyarakat dari daerah Bekasi dan Depok seluruh bus akan dioperasionalkan mulai pukul 05.00- 09.00 WIB dan sore hari mulai pukul 17.00-22.00 WIB. Di luar jam itu, hanya sepertiga bus yang dioperasikan karena bukan jam padat.

"Untuk tarif tetap sekali bayar Rp 3.500,‎ hingga kini baru dua kota itu bisa dilalui. Sedangkan untuk Bogor masih perlu dilakukan evaluasi terutama soal tarif, karena cukup jauh juga operasionalnya," kata dia.

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana mengoperasikan bus Transjakarta selama 24 jam untuk mengakomodir aktivitas warga DKI Jakarta yang cukup tinggi. Namun hal itu dilakukan secara bertahap sambil menunggu jumlah bus.

Menurutnya, saat ini interval bus antar halte sendiri sebenarnya sudah cukup baik. Apalagi dengan penambahan bus yang direncanakan hingga 1.500 unit yang hingga kini masih berproses.

"Minggu lalu sudah 600 unit, jadi ini jalan terus, kalau bus kita sudah cukup, maka akan kita jalankan 24 jam," kata dia.

Apalagi, lanjut Andry, saat ini aktivitas dari daerah penyangga cukup tinggi. Sehingga jumlah bus terus diperbanyak agar mampu melayani seluruh masyarakat.

"Jadi nanti tidak ada lagi angkutan malam hari (Amari), karena sudah jalan terus. Kalau kenyamanannya sudah tinggi dan interval waktunya pendek kita yakin orang akan pilih naik bus kita," kata dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home