Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:41 WIB | Senin, 10 November 2014

TV Irak: Tangan Kanan Pimpinan NIIS Terbunuh

Abu Huthaifa al-Yamani atau Abu Suja (kiri) dan Abu Bakr al-Baghdadi. (Foto: alarabiya.net/The Telegraph/Reuters)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Seorang tangan kanan pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS atau ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi terbunuh akibat serangan udara koalisi pimpinan Amerika Serikat di dekat kota Fallujah, kata laporan televisi pemerintah Irak seperti dikutip Reuters, Senin (10/11).

Televisi Irak itu mengidentifikasi pria bernama Abu Huthaifa al-Yamani atau Abu Suja, namun tidak mengungkapkan kapan serangan itu dilakukan atau rincian lainnya. 

Selain itu belum bisa dikonfirmasi apakah itu Yamani dan apakah Yamani adalah orang kepercayaan Baghdadi.

Sementara laporan-laporan yang simpang siur terus bermunculan mengenai nasib pimpinan ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi setelah serangan udara pimpinan AS terhadap militan NIIS pada setidaknya dua lokasi di Irak Jumat pekan lalu.

"Dia (Abu Suja) dan Baghdadi jarang terpisah. Kemungkinan besar Baghdadi sedang bersama dengan dia (pada saat serangan)," kata Hisham al-Hashimi, ahli strategi keamanan Irak pada The Telegraph.

Mayor Curtis Kellogg, juru bicara Komando Sentral Amerika Serikat, mengatakan pihaknya tidak memiliki informasi untuk mendukung laporan media bahwa Baghdadi terluka akibat serangan di antara kota Mosul di utara dan al-Qaim di barat.

Yang jelas serangan udara itu telah membunuh atau melukai para pembantu terdekatnya yang disebut para pejabat Irak tengah dalam konvoi yang dibidik serangan udara itu.

Fallujah adalah kubu pertahanan utama NIIS di sebelah barat kota Baghdad. (Ant/Reuters/alarabiya.net)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home