Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:22 WIB | Kamis, 20 Maret 2014

UIOKC 2014 Terinspirasi dari Kejuaraan Serupa di Kampus Lain

Melvina Dewanti, Ketua UKM Karate UI. (Foto: Prasasta).

DEPOK, SATUHARAPAN.COM — Melvina Dewanti dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) cabang olah raga karate mengatakan kepada satuharapan.com pada Rabu (19/3)

bahwa kejuaraan karate Universitas Indonesia Open Karate Championship 2014 (UIOKC 2014)  di Balairung Universitas Indonesia, Depok, pada Kamis (20/2) hingga Sabtu (23/2) terinspirasi dari beberapa perguruan tinggi lainnya.

“Ini kejuaraan pertama yang kami selenggarakan tahun ini, kalau di IPB kan ada IPB Cup.

Masalahnya kan kalau IPB selalu ngadain acara karate sudah selama bertahun-tahun,  kami kadang mikir kalau kita ada kayak gitu  juga ,” kata Melvina.

Anggota UKM karate UI terbagi dua, karena ada yang bertanding ada juga yang menjadi panitia.

Emang udah tugasnya seperti itu, jadi ya dijalanin aja,” lanjut Melvina.  

Sebagian besar anggota UKM UI angkatan 2012 dan sebelumnya menjadi panitia.

“Kalau  2013 kebanyakan yang bertanding. Soalnya kami sibuk kepanitiaan, dan 2013 mereka kan belum terlalu banyak kegiatan dan belum mengenal klub karate yang lain, termasuk para seniornya, sementara para seniornya banyak yang telah berpengalaman, dan ada yang sering melatih mahasiswa baru,” lanjut Melvina.  

UIOKC 2014 diselenggarakan sebagai ajang untuk mengadakan evaluasi dan menguji prestasi atlet-atlet potensial daerah dan perguruan karate se-Indonesia secara optimal, menciptakan jenjang kompetisi yang terpadu, meningkatkan motivasi atlet-atlet karate di Indonesia.

“Juga menumbuhkan tingkat sportivitas dan persahabatan para karateka di Indonesia,” kata Melvina.

UIOKC 2014 mempertandingkan 62 nomor kelas yang terdiri atas 54 kelas perorangan dan delapan kelas beregu mengambil tema “Solidarity in Good Sportsmanship”, artinya melalui tema ini diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama karateka dan meningkatkan prestasi dengan tidak lupa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

“Besok tim karate UI akan membawa 24 karateka, tetapi terkadang ada beberapa (karateka) yang dari luar UKM UI tetapi suka latihan di tempat kita, nah kita kan UKM club jadi kalau ada beberapa peserta yang dari luar UKM UI bisa latihan bersama dan bisa ikut di UIOKC ini atas nama UI,” lanjut Melvina.

Menurut pantauan satuharapan.com tercatat sudah ada 194 kontingen dan 1373 peserta hingga verifikasi data pada Rabu (19/3) sore .

“Nantinya kalau UIOKC ini InsyaAllah sukses, kita merencanakan akan membuat even ini setiap tahun,” tutup Melvina.    

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home