Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 22:15 WIB | Kamis, 11 Agustus 2022

Ulama Terkemuka Taliban Tewas dalam Serangan Bom di Kabul

Seorang pejuang Taliban berjaga di depan sebuah masjid di Kabul, Afghanistan. (Foto: dok.AP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Seorang ulama terkemuka Taliban, Sheikh Rahimullah Haqqani, tewas dalam serangan di sebuah madrasah di Kabul, Afghanistan, ketika penyerang meledakkan bahan peledak yang disembunyikan di kaki palsu plastik pada hari Kamis (11/8), menurut pejabat dan sumber Taliban.

“Ulama yang dihormati (Sheikh Rahimullah Haqqani) mati syahid dalam serangan pengecut oleh musuh,” kata Bilal Karimi, juru bicara pemerintahan Taliban. Belum jelas siapa yang berada di balik ledakan itu.

Empat sumber Taliban mengatakan kepada Reutersbahwa penyerang adalah seseorang yang sebelumnya kehilangan kakinya dan menyembunyikan bahan peledak di kaki palsu plastik.

“Kami sedang menyelidiki siapa... orang ini dan siapa yang membawanya ke tempat penting ini untuk memasuki kantor pribadi Sheikh Rahimullah Haqqani. Ini adalah kerugian yang sangat besar bagi Imarah Islam Afghanistan,” kata seorang pejabat senior Taliban di kementerian dalam negeri, merujuk pada nama kelompok itu untuk administrasinya.

Haqqani adalah seorang ulama terkemuka di Taliban yang selamat dari serangan sebelumnya, termasuk ledakan besar di kota Peshawar, Pakistan utara pada tahun 2020 yang diklaim oleh ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) yang menewaskan sedikitnya tujuh orang.

Taliban mengatakan mereka telah memulihkan keamanan sejak mereka mengambil alih kekuasaan ketika pasukan asing mundur hampir setahun yang lalu. Namun, serangan reguler, banyak dari serangan itu diklaim dilakukan oleh ISIS, telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir, sering menargetkan agama dan etnis minoritas serta para pemimpin Taliban. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home