Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 14:22 WIB | Jumat, 26 Juni 2015

Uni Eropa dan Kuba Tingkatkan Kerja Sama HAM

Kuba dan Uni Eropa tengah berdiskusi untuk memperbaiki hubungan, seiring dengan upaya Amerika Serikat (AS) juga memulihkan hubungan dengan Havana. (Foto: bbc.com)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM – Uni Eropa mengadakan dialog dengan Kuba mengenai hak asasi manusia (HAM) pertama, Kamis (25/6), di Brussles Belgia. Delegasi Uni Eropa dipimpin oleh Wakil Khusus Uni Eropa urusan Hak Asasi Manusia, Stavros Lambrinidis, sementara Kuba diwakili Direktur Jenderal Multilateral Isu dan Hukum Internasional Kementerian Luar Negeri Kuba, Mr Pedro Mosquera Nuñez.

Kedua belah pihak sepakat meningkatkan hubungan saling pengertian mengenai isu-isu hak asasi manusia, bertukar pengalaman dan praktik terbaik, serta berusaha mengidentifikasi potensi daerah kerjasama antara Uni Eropa dan Kuba.

Uni Eropa dan Kuba juga bertukar pandangan tentang prinsip-prinsip hak asasi manusia dasar, seperti universalitas, individualitas sekaligus saling ketergantungan menjadi bagian dari hak asasi manusia, serta peran dan mekanisme Dewan badan-badan PBB mengenai HAM dan Universal Periodic Review (UPR).

Mereka juga membahas masa depan kerja sama kedua negara, baik bilateral maupun dalam konteks foru-forum multilateral. Diantaranya dibahas isu gender dan kekerasan terhadap perempuan, dan hak-hak anak. Selain itu dibicarakan juga pembangunan berkelanjutan dalam konteks agenda pasca-2015, seperti kesehatan, pendidikan, kebebasan berekspresi dan berserikat, migrasi, dan aturan hukum.

Mereka sepakat bahwa dialog harus, pada prinsipnya, akan berlangsung setiap tahun, mencakup semua isu HAM, baik dari UE maupun Kuba, sebagaiman tertulis dalam siara media dari laman resmi layanan diplomatik Uni Eropa (eeas.europa.eu.)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home