Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:21 WIB | Senin, 16 Juni 2014

Usai Pertandingan, Pendukung Jepang Bersih-Bersih Stadion

Usai pertandingan menghadapi Pantai Gading, para pendukung Jepang melakukan aksi bersih-bersih stadion. (Foto: japantoday.com)

RECIFE, SATUHARAPAN.COM – Perilaku terpuji dan patut dicontoh oleh penggemar sepak bola ditunjukkan pendukung Tim Nasional Jepang . Meskipun timnya gagal memetik kemenangan dari Pantai Gading, Sabtu (14/6), pendukung Jepang membersihkan sisa kotoran makanan dan atribut lain yang berserakan di lantai, sebelum meninggalkan Stadion Arena Pernambuco.

“Para suporter Jepang harus menjadi contoh kita semua. Meski tim kita kalah atau menang, mereka tetap menunjukkan sikap terpuji dengan membersihkan sampah yang berserakan,” ucap salah satu akun di Twitter.

Jepang memang terkenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi kebersihan. Salah satunya, terlihat saat perayaan hanami, sebuah tradisi menikmati keindahan bunga Sakura. Mekarnya bunga Sakura merupakan lambang kebahagian telah tibanya musim semi.

Saat itu ribuan warga Jepang piknik dengan menggelar tikar untuk pesta makan di bawah pohon sakura.  Usai makan, mereka akan menyimpan sisa makanan ke dalam kantung sampah dan membawa kembali ke rumah, tidak ada yang berserakan di rumah.

Meskipun berada di negeri orang yang jaraknya ribuan mil, sikap santun dan menjaga kebersihan tetap diperlihatkan para suporter tim nasional Jepang.

Foto-foto aksi para suporter Jepang saat membersihkan sampah stadion banyak diunduh di jejaring sosial seperti Twitter. Tindakah mereka mendapat aplaus dari para penonton lain. (japantoday.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home