Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 11:06 WIB | Jumat, 05 Juni 2015

Uskup Australia: Anak Pasangan Gay Jadi Generasi yang Hilang

Uskup Greg O'Kelly. (Foto: radioaustralia.net.au)

AUSTRALIA, SATUHARAPAN.COM - Greg O'Kelly, uskup di Port Pirie Australia Selatan, memperingatkan bahaya melegalisasi pernikahan sesama jenis. Alasannya, anak-anak pasangan gay akan menjadi generasi yang hilang (stolen generation) sebab mereka tidak mendapatkan ayah dan ibu.

Uskup Greg O'Kelly merupakan salah seorang tokoh agama yang menyuarakan keberatannya atas menguatnya isu legalisasi pernikahan sesama jenis di Australia belakangan ini.

Sikap Uskup O'Kelly itu ia tuangkan dalam surat yang dikirimkan kepada anggota jemaatnya. Dalam surat itu ia mengatakan membandingkan pernikahan sesama jenis dengan pernikahan antara pria-wanita sama dengan membandingkan apel dan pir.

"Pernikahan dua orang yang berjenis kelamin sejenis dengan pernikahan antara pria dan wanita merupakan dua hal berbeda," katanya seperti dilansir radioaustralia.net.au, Jumat (5/6).

"Sebuah pir bukanlah sebuah apel, bagaimana pun anda melihatnya, tidak akan mengubah realita," tambah Uskup O'Kelly.

Dalam surat itu Uskup O'Kelly juga menyatakan anak-anak dari pasangan sesama jenis akan merasa sebagai generasi yang hilang.

"Dapat Anda bayangkan jika terjadi percekcokan anak dan orangtua, yang dapat saja terjadi, kata-kata itu yang akan mereka pergunakan," katanya.

"Yaitu bahwa mereka tidak memiliki ayah juga tidak memiliki ibu yang membesarkan mereka," tambahnya.

Pernyataan Uskup O'Kelly ini di mata pendukung Rodney Croome dari LSM Australian Marriage Equality merupakan penghinaan.

"Banyak pasangan sejenis dan anak-anak mereka akan tersinggung oleh sikap Uskup Katolik itu, yang menyamakan mereka dengan istilah stolen generation, suatu periode kelam dalam sejarah  Australia," kata Croome.

Stolen generation merujuk kepada anak-anak Aborigin yang direnggut paksa dari orangtua mereka untuk "dibudayakan" oleh warga kulit putih Australia di masa lalu.

Salah satu pasangan sesama jenis Jodie McRae dan Amanda Pickering yang telah hidup bersama selama 13 tahun dan memiliki dua anak kepada ABC mengaku anak-anak mereka tumbuh tanpa kehilangan kasih sayang seorang ayah.

Menurut Pickering, mereka akan mendukung anak-anak mereka jika suatu saat ingin bertemu dengan ayah donor mereka.

"Kami tidak melihat anak-anak kami mengalami kesulitan karena tidak memiliki seorang ayah," katanya.

Uskup O'Kelly secara terpisah kepada ABC mengatakan prokreasi merupakan kata kunci dalam pernikahan.

"Dua elemen pernikahan, yaitu cinta antara pria dan wanita; serta prokreasi, penerimaan terhadap kelahiran dan kehidupan," ujarnya.

Namun Croome tidak sependapat. "Tidak ada hubungan hukum antara pernikahan dan memiliki anak. Namun saya tahu bahwa kebanyakan orang memandang keduanya dalam hubungan budaya," katanya.

Croome juga membantah pernyataan Uskup O'Kelly bahwa pernikahan sesama jenis merupakan isu dominan di negara-negara Barat bukan di Timur Tengah, Asia, atau Afrika.

Sejauh ini negara yang melegalkan pernikahan sesama jenis termasuk Selandia Baru, Kanada, AS, Inggris, dan terakhir Irlandia.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home