Loading...
HAM
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:48 WIB | Minggu, 01 Juni 2014

Aliansi Mahasiswa UI: Prabowo Bawa Potensi Orde Baru

Aliansi mahasiswa dan alumni UI berpendapat bahwa kemenangan Prabowo akan menghidupkan kembali masa orde baru ke zaman sekarang. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Aliansi Mahasiswa dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia yang diwakili oleh Rio Apinino menyatakan bahwa jika seandainya Prabowo menjadi presiden Republik Indonesia berikutnya, maka ada kemungkinan potensi membawa pemerintahan zaman orde baru kembali berkuasa di Indonesia.

“Memang semuanya itu belum pasti kita ketahui apakah jika Prabowo menjadi presiden dia akan membawa kembali orde baru ke dalam masa mendatang,” kata Rio kepada satuharapan.com di kampus UI Salemba, Jakarta, Jumat (30/5).

“Tapi kita bisa melihat kepada masa lalunya serta visi misi yang dia punya untuk masa depan. Kami dapat menyimpulkan bahwa dengan visi dan misi Prabowo yang mengandalkan pertumbuhan ekonomi, stabilitas politik dan relasinya dengan para militer apalagi dengan FPI, itu merupakan indikasi untuk kembali ke zaman orde baru sangat kuat.”

Dia berpendapat bahwa dari kubu rival Prabowo yaitu Jokowi memang ada beberapa orang yang terkait juga dengan pelanggaran HAM di masa lalu. Namun, dengan tegas dia menyatakan bahwa itu merupakan hal yang berbeda yaitu Si Pelanggar HAM berada di belakang capres dengan yang mencalonkan diri menjadi presiden.

“Jika Prabowo menjadi presiden, maka kasus pelanggaran HAM yang pernah dia buat tidak akan bisa selesai. Tapi jika kubu yang satunya menang maka kita bisa berharap bahwa kasus tersebut bisa tuntas, ” tambahnya.

Dalam konferensi pers tersebut aliansi mahasiswa dan ikatan alumni UI menyatakan menolak Prabowo Subianto sebagai calon presiden, mengajak keluarga besar UI dan masyarakat luas untuk melawan bahaya laten militerisme, otoritarianisme, fundamentalisme agama, pembungkaman hak berserikat dan berkumpul maupun kebebasan berkeyakinan serta menuntut kepada presiden terpilih untuk segera mengusut tuntas semua kasus pelanggaran HAM.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home