Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:32 WIB | Minggu, 26 April 2015

Espanyol Takluk dari Barcelona

Gelandang Espanyol, Alvaro Gonzalez (kiri) mengadang pergerakan Lionel Messi (Barcelona, kanan). (Foto: fifa.com).

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM – Espanyol gagal menghadang tim sekota Barcelona, setelah kalah dengan skor 0-2 pada pertandingan Liga Primera Spanyol yang digelar di Stadion Cornella de Llobregat, Barcelona, Spanyol, Sabtu (25/4) malam WIB.

Espanyol ada di peringkat kesepuluh dengan nilai 42, sementara Barcelona masih memimpin klasemen dengan nilai 81 diikuti “musuh bebuyutan”, Real Madrid dengan perolehan poin 76, selanjutnya di urutan ketiga ada Atletico Madrid dengan nilai 69.

Menurut catatan statistik soccerway.com, di babak pertama Barcelona mengendalikan permainan  dengan penguasaan bola 55 berbanding 45 persen, hasilnya terlihat saat tim tamu meraih kesempatan mencetak gol pada menit ke-11 karena Lionel Messi berhasil memberi bola dengan akurat ke rekannya, Neymar Da Silva Santos Junior. Penyerang yang biasa disapa Neymar ini kemudian berhasil melepaskan bola walau dikawal dua gelandang bertahan Espanyol, Abraham Casanova dan Jose Alberto Canas, namun bola ditahan kiper Espanyol, Kiko Casilla.

Filipe Caicedo mengawali serangan balasan Espanyol dua menit kemudian, namun bola yang hendak dia umpan ke penyerang Espanyol lainnya, Sergio Garcia  keburu dihalau ke luar lapangan oleh gelandang enerjik Barcelona, Javier Mascherano.

Barcelona membungkam pendukung tuan rumah yang memadati stadion milik  Espanyol itu karena Neymar di menit ke-17 berhasil memaksimalkan bola pemberian rekannya, Luis Suarez yang sebelumnya saling mengumpan bola dengan Jordi Alba, di sisi lain Kiko Casilla telat bereaksi menjaga gawang Espanyol dari kebobolan.

Espanyol gagal bangkit bahkan semakin terkubur di menit ke-25 karena Barcelona menambah gol lewat Lionel Messi, gol terjadi setelah penyerang tim nasional Argentina ini melakukan tendangan akurat hasil bola kemelut di kotak penalti Espanyol hasil umpan penyerang Barcelona lainnya, Luis Suarez.

Babak kedua pertandingan berlajan tidak berbeda jauh dengan babak pertama, dan tidak banyak peluang berbahaya dihasilkan akan tetapi tensi pertandingan semakin keras yang ditandai dengan dua kartu merah bagi masing pemain masing-masing kesebelasan, seperti yang diraih Jordi Alba di menit ke-51, bek Barcelona ini diganjar kartu merah karena terus-menerus melakukan protes ke wasit Antonio Mateu yang memimpin pertandingan. Padahal, Jordi Alba hanya diganjar kartu kuning satu menit seblumnya karena melakukan pelanggaran terhadap gelandang Espanyol, Jose Alberto Canas.

Sementara Espanyol bernasib serupa karena di menit ke-89 mereka kehilangan Hector Moreno yang melakukan pelanggaran keras ke Javier Mascherano. Hingga pertandingan selesai Espanyol kalah 0-2 dari Barcelona.

Persaingan Merebut Gelar Juara Liga Spanyol

Persaingan meraih gelar juara kompetisi Liga Primera Spanyol semakin ketat karena hingga memasuki pertandingan ke-33,  hanya dua klub yang diprediksi  menjadi juara yakni Barcelona yang kini memiliki nilai 81 masih berada di posisi puncak, dan Real Madrid yang memiliki nilai 76.

Sementara Atletico Madrid (69 poin), Valencia (65) , dan Sevilla (63) yang berurutan berada di peringkat ketiga hingga kelima memiliki peluang kecil menggeser dua klub “penguasa abadi” kompetisi di negeri Matador tersebut.

Barcelona dan Real Madrid menjalani tugas berat, selain bersaing di kompetisi domestik, dua klub tersebut masih berpartisipasi di semi final Liga Champions, Barcelona masih akan dua kali berhadapan dengan wakil Jerman, Bayern Munchen, sementara Real Madrid juga akan menjalani partai yang tidak kalah berat melawan klub pemimpin klasemen Liga Seri A Italia saat ini, Juventus. Tapi Real Madrid lebih beruntung karena kondisi lebih bugar menjelang akhir kompetisi, sebab diperkirakan Barcelona akan habis-habisan di pertandingan final Copa Del Rey (Piala Raja Spanyol) yang akan diselenggarakan Minggu (31/5) dini hari WIB.

Susunan Pemain:

Espanyol: Kiko Casilla, Hector Moreno, Anaitz Arbilla, Victor Alvarez, Alvaro Gonzalez, Ruben Duarte, Abraham Casanova, Jose Alberto Canas, Lucas Vazquez, Sergio Garcia,  Felipe Caicedo.

Barcelona: Claudio Bravo, Dani Alves, Gerard Pique, Jordi Alba, Javier Mascherano, Andres Iniesta, Sergio Busquets, Rafinha Nascimento, Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar Da Silva Santos Junior.

 (sportsmole.co.uk/soccerway.com/fifa.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home