Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:11 WIB | Jumat, 27 Maret 2015

Prancis Gagal Ulangi Kemenangan 1998, Dipermalukan Brasil 1-3

Neymar, penyerang Brasil (kaus kuning) ditempel ketat Raphael Varane, bek Prancis (kaus biru). (Foto: fifa.com).

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Prancis gagal mengulangi kemenangan pada Final Piala Dunia 1998 saat mengalahkan Brasil, setelah di laga persahabatan di Stadion Stade de France, Paris, Jumat (27/3) dini hari WIB tim asuhan Didier Deschamps ini malah dipermalukan Brasil 1-3.

Pada Final Piala Dunia 1998, kala itu Prancis membuat pendukungnya bersorak karena Zinedine Zidane dan kawan-kawan melibas Brasil 3-0. Kini, dua gelandang bertahan berbeda negara, Didier Deschamps (Prancis) dan Carlos Dunga (Brasil) yang kala itu bermain di laga final 1998 menjadi pelatih di negara masing-masing.

Prancis mengawali pertandingan dengan baik, peluang dari Karim Benzema di menit kedelapan masih dapat digagalkan kiper Brasil, Jefferson De Oliveira Galvao.

Para penonton yang mendukung tim nasional Prancis bersorak gembira menit ke-20,  karena Prancis membuka keunggulan melalui sundulan salah satu pemain bertahannya, Raphael Varane. Dia mencetak gol setelah menerima bola umpan tendangan bebas Matthieu Valbuena.

  • Brasil berhasil membungkam para penonton pendukung Prancis menit ke-40, aksi kerja sama Neymar dan Roberto Firmino berbuah manisi dengan umpan Firmino ke Oscar, gelandang yang bermain di Chelsea ini mencetak gol penyeimbang setelah bola yang dia tendang gagal diamankan kiper Prancis, Steve Mandanda. Babak pertama berakhir dengan kedudukan sama kuat 1-1. Brasil mencari peluang  berbahaya dan pasukan Carlos Dunga ini melakukannya dengan sangat hati-hati, yakni tidak buru-buru melepaskan bola ke kotak penalti Prancis. Sesekali operan bola dari gelandangnya, Oscar tepat ke arah jantung pertahanan Prancis, namun hanya menghasilkan lemparan ke dalam karena umpan Oscar dapat terbaca para pemain bertahan  Prancis.

Gol tim Samba tercipta menit ke-57, walau berposisi sebagai bek kiri Willian Borges berakselerasi dengan baik menggiring bola melewati pemain Prancis, dengan jeli pemain yang bersepakbola di Chelsea ini menyodorkan bola ke Neymar. Penyerang Brasil yang menjadi andalan Barcelona ini menyarangkan bola tanpa terjaga kiper Prancis, Steve Mandanda.

Perancis  merespon dengan baik dan tidak ingin dipermalukan di hadapan pendukungnya mulai menyusun strategi dan mulai melakukan serangan berbahaya yang diawali Mousa Sissoko memiliki kesempatan besar untuk tingkat ketika ia menerima bola dari rekannya, Raphael Varane namun saat hendak mengeksekusi peluang di kotak penalti Brasil, bola terlebih dahulu disergap kiper Brasil,  Jefferson De Oliveira Galvao.

Tiga menit kemudian Jefferson kembali tampil gemilang di bawah gawang Brasil, saat ia mengaggalkan upaya penyerang Prancis, Antoine Griezmann menyamakan gol . Alhasil bola hasil sundulan  Griezmann dapat ditepis Jefferson.

Brasil makin unggul dengan 1-3 saat Luiz Gustavo menyarangkan bola ke gawang Steve Mandanda, gol Luiz Gustavo tercipta setelah dia mendapat umpan Willian. Hingga pertandingan selesai Prancis tertinggal 1-3.

Susunan Pemain:

Prancis: Steve Mandanda, Bacary Sagna, Patrice Evra, Mamadou Sakho, Raphael Varane, Blaise Matuidi, Matthieu Valbuena, Mousa Sissoko, Morgan Scheinderlin, Karim Benzema, Antoine Griezmann.

Brasil: Jefferson De Oliveira Galvao, Joao Miranda, Filipe Luis, Thiago Silva, Danilo Luiz Da Silva, Willian Borges Da Silva, Luiz Gustavo, Elias Mendes Tridade, Oscar Dos Santos, Roberto Firmino, Neymar Da Silva Santos Junior. (goal.com/wikipedia.org/livescore.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home