Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:32 WIB | Jumat, 03 Agustus 2018

Acara Akhir Pekan 4 – 5 Agustus 2018

Ilustrasi. Penampilan 50 penari Legong Tombol di panggung utama di sebelah monumen Singa Ambara Raja di Festival Buleleng keempat atau Bulfest 2016. (Foto: bali-travelnews.com)

SATUHARAPAN.COM – Beberapa acara bakal meramaikan awal bulan Agustus ini di Ibukota, di antaranya pertunjukan vokal dan musik, juga drama, pameran lukisan, kemudian pameran fashion, wedding exhibition, festival belanja, festival kuliner, dan beberapa pameran kreativitas anak muda, yakni Robot Gundam Coding, dan festival ROBOLEGO. Selain itu juga ada beberapa festival kebudayaan digelar minggu ini, yakni festival Buleleng di Bali, dan Parade Sandelwood & Festival Tenun Ikat Sumba 2018.

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan  HUT ke-73 RI, Asian Games 2018, dan Asian Para Games 2018, di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta akan diselenggarakan acara Harmoni Indonesia 2018, yakni bernyanyi bersama lagu-lagu kebangsaan.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 4 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Vokal dan Musik Kidung Pusaka oleh Magenta Singers

Magenta Singers dalam bulan yang penuh dengan suasana perjuangan ini ingin melantunkan Kidung Pusaka bagi seluruh penikmat seni di Galeri Indonesia Kaya. Kita kembali mengingat perjuangan para pahlawan. Acara ini juga memiliki bintang tamu Andi Rianto dan iringan musik dari Rishanda & The Rising.

Magenta singers adalah kelompok vokal yang merupakan bagian dari Magenta Orchestra, yang terdiri atas Wisha Sofia, Ira Batti, Lucia Palupi, dan Ronald Silitonga. Pengiring musik, Rishanda & The Rising adalah juga musisi dari Magenta Orchestra

Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Fashion & Art Vibes #02 2018

Acara berlangsung pada Jumat (3/8) – Minggu (5/8).

Esmod Jakarta dengan bangga mempersembahkan "Fashion & Art Vibes # 02". Saksikan para desainer muda berbakat di acara kreatif pertama di museum dengan banyak acara yang menghibur yang tidak ingin Anda lewatkan!

Konten: Rookie Runway, Esmod Jakarta Young & Talented Show, Jember Fashion Carnaval, Pameran & Stan Mode, Festival music.

Info dan kontak: Facebook: Lotte Shopping Avenue, Instagram: @lotte_avenue

Exhibition Hall, Mal Mega Kemayoran (MGK), Jakarta, pukul 11.00 WIB, Diecastlicious 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (4/8) – Minggu (5/8).

Harga tiket masuk: Gratis

Daftar acara: Bazaar Diecast yang diikuti lebih dari 80 penjual, bazaar kuliner, lelang diecast secara live, Balap Hotwheels Track Allu, Balap Majorette Track Allu, Dingdong, Talkshow Mainan, Accoustic Performance, Doorprize

Info dan kontak: Facebook: MGK Kemayoran, Twitter: @MGKKemayoran, Website: megakemayoran.com

Mall of Indonesia, Jakarta, pukul 10.00-22.00 WIB, Pameran Anime Robot Gunpla Expo Indonesia 2018

Acara berlangsung pada Jumat (20/7) – Minggu (5/8).

Kabar Gembira bagi penggemar Gundam di Indonesia. Pada tahun 2018 ini Gunpla Expo kembali hadir menyapa dengan berbagai produk limited yang sangat terbatas dan item limited yang sangat layak dilengkapi sebagai koleksi. Ini adalah kedua kalinya Bandai mengadakan Gunpla Expo di Indonesia. Tahun ini Bandai akan bekerja sama dengan Multi Toys.

Info dan kontak: Facebook: Gundam.Info.en, Website: en.gundam.info

Grand Galaxy Convention Hall, pukul 10.00-21.00 WIB, Bekasi, Bekasi Wedding Exhibition 2018

Acara berlangsung pada Jumat (3/8) – Minggu (5/8)

Berbekal kesuksesan Bekasi Wedding Exhibition sebelumnya, Jakarta Event Enterprise (JEE) akan kembali menggelar Pameran Pernikahan Terbesar dan Terlengkap di Bekasi, “5th Bekasi Wedding Exhibition”.

Pameran “5th Bekasi Wedding Exhibition” melibatkan berbagai vendor terbaik di Bekasi, Jakarta, dan sekitarnya dengan penyajian konsep yang lebih intimate, experiential, dan instagrammable.

Dapatkan kesempatan untuk memenangkan Doorprize harian dan Grand Prize untuk para pengunjung yang bertransaksi di ““5th Bekasi Wedding Exhibition”, dan berbagai penawaran promo dari para vendor, dengan nilai ratusan juta rupiah, dan masih banyak kejutan menarik lainnya.

Seperti sebelumnya, #JEEMovement sebagai gerakan sosial yang berkelanjutan dari “5th Bekasi Wedding Exhibition” akan melakukan Nikah Massal untuk para calon pengantin yang tidak mampu#JEEMovement

Info dan kontak: Facebook: Bekasi Wedding Exhibition, Instagram: @bekasiweddingexhibition, Website: bekasiweddingexhibition.com

Gramedia World Harapan Indah Bekasi, pukul 10.00 WIB – Selesai, Coding Festival Robolego

Robolego hadir mengenalkan coding melalui “Coding Festival 2018”. Event ini mengajak anak-anak serta orang tua untuk mempelajari hal baru dalam dunia baca-tulis di era digital.

Dalam “Coding Festival 2018”, Robolego akan meluncurkan program baru bernama Robocode. Robocode adalah program bagi anak-anak untuk mengenal coding dengan cara-cara yang menyenangkan. Robocode akan mengenalkan anak-anak pada peluang-peluang baru yang dapat dihasilkan di era digital.

Info dan kontak: Robolego Jl Palmerah Barat 29-37, Jakarta 10270, www.robolego.id, Phone: 536-77-834 ext 3422 , Mobile: 0896 72727283

Glamour Level Paris Van Java, Bandung, Festival Belanja Girls And Boys Market 2018

Acara berlangsung pada Senin (23/7) – Minggu (5/8).

Kami mengumumkan bahwa @marchorganizer bekerja sama dengan @pvjofficial mempersembahkan acara present Girls & Boys Market!

Persiapkan diri Anda untuk diskon khusus, lucky dip (syarat dan ketentuan berlaku), dan berikan hadiah spesial beberapa tiket CGV, voucher MAP!

Kami dengan ini memberi Anda kepuasan berbelanja! Tandai kalender Anda, dan bersiap-siap! Info dan kontak: Telp: 082129968846, Twitter: @MarchOrganizer, Instagram: @marchorganizer

Plaza Trans Studio Mall, Bandung, Foodfest 2018 Vol. 17

Acara berlangsung pada Rabu (1/8) – Minggu (5/8).

Foodfest is back! Konten acara: Booth Culinary, Live Music, Radio Activity, Community Performance, Eating Tournament, School Activitiy, Chef’s Table

Info dan kontak: Twitter: @foodfestbdg, Instagram: @foodfestivalbandung, Website: wikaorganizer.com

Seskoau Lembang, Bandung Barat,  Air Force Run A-55 2018

Biaya pendaftaran: Rp200.000.

Kabar gembira bagi runners, warga Bandung dan sekitarnya, juga masyarakat Indonesia pada umumnya dari Sabang sampai Merauke, ayo ikutan Air Force Run A-55! Jarak tempuh lomba ini akan dibagi menjadi 2 kelas, yaitu 5km dan 10km.

Jangan lupa catat hari dan tanggalnya. Jangan lupa siapkan mental dan fisik. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan Live Music, Games, dan Doorprize. 

Kategori: Umum (Putra/Putri), Pelajar (Putra/Putri)

Hadiah: Kategori Umum (Putra/Putri): Juara 1 Rp10.000.000, Juara 2 Rp7.500.000, Juara 3 Rp5.000.000

Pendaftaran lomba dapat dilakukan di: Stadion Atlethic Pajajaran Kantor NPCI Bandung

Untuk informasi selengkapnya silakan hubungi salah satu CP di bawah.

Info dan kontak: Telp 1: 081320712520 (Siska), Telp 2: 085934670013 (Lela), Instagram: @penseskoau

Jl Ki Ageng Gribig (depan Kampus II Universitas Negeri Malang), pukul 15.00 – 22.00 WIB, Pasar Rakyat Agustusan Kota Malang

Jangan lewatkan semaraknya Pasar Rakyat Agustusan yang akan diselenggarakan di Jl Ki Ageng Gribig, Kota Malang selama 10 hari.

Rangkaian acara: Multiproduk, Kuliner, Wahana Mainan, Bazaar Murah, Panggung Rakyat Agustusan, dan lain-lain

Info dan kontak: Telp 1: 0877 5981 2020, Telp 2: 0818 0504 0600

Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, Buleleng Festival 2018

Acara berlangsung pada Kamis (2/8) – Senin (6/8).

Buleleng Festival (Bulfest) 2018 atau Festival Buleleng 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 2-6 Agustus 2018 di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali. Festival empat hari diisi dengan parade warna-warni, pameran khusus, dan peluncuran buku untuk masyarakat.

Buleleng Festival (Bulfest) diadakan setiap tahun pada bulan Agustus, dan sudah menjadi agenda pariwisata nasional yang dipromosikan dalam Wonderful Indonesia. Acara tahun ini akan menarik ribuan pengunjung ke Kabupaten Buleleng, Bali Utara. Diambil di kawasan Bukit Singa Ambara Raja yang terkenal sebagai Landmark Kota Singaraja. Acara ini menampilkan penyorotan keragaman, kekayaan dan kreativitas kota sehubungan dengan seni dan budaya seperti berbagai pameran, pertunjukan kuliner, atraksi seni dan budaya, kompetisi, musik, peragaan busana, seminar.

Info dan kontak: Telp: 0361-222387, Email: infotourism@baliprov.go.id, Facebook: Buleleng Festival Official

Minggu, 5 Agustus

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Drama, Takdir Cinta Pangeran Diponegoro oleh Teater Keliling

Takdir Cinta Pangeran Diponegoro adalah sebuah drama musikal yang mengisahkan cerita cinta Pangeran Diponegoro dengan istri tercintanya yakni Raden Ayu Maduretno. Selain kisah cinta mereka, pementasan ini juga mengisahkan perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajah serta membela rakyatnya.

Teater Keliling didirikan 13 Februari 1974 di Jakarta. Misi utama Teater Keliling adalah mencerdaskan bangsa, terutama kalangan muda melalui pendidikan karakter yang tidak berorientasi profit namun kepada idealisme pendidikan. Teater Keliling juga ke mancanegara untuk mendukung diplomasi budaya Indonesia di dunia internasional.

Bentara Budaya Bali, pukul 19.00 WIB – Selesai, Persembahan Musik dan Tayang Dokumenter Ata Ratu: Perempuan Sumba dalam Musik Tradisional

Pada pertunjukannya di Bentara Budaya Bali, Ata Ratu akan mempresentasikan hasil risetnya berupa pemutaran video dokumenter, serta memainkan musik tradisional dan musik ciptaannya. Program ini terselenggarakan atas kerja sama Bentara Budaya Bali dan Organ Budaya, sebuah jaringan kerja sama antarorang dan kelompok yang memiliki minat dan kepedulian terhadap Budaya Indonesia, serta didukung oleh Cipta Media Ekspresi.

Kahi Ata Ratu lahir di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Sejak usia 13 tahun ia telah menulis dan menampilkan musik di Sumba yang dinyanyikan dalam bahasa lokal (Kambera). Ia adalah salah satu dari sedikit perempuan yang piawai memain-nyanyikan musik jungga, alat musik petik yang lebih dikenal dalam ranah musik laki-laki. Selama lebih dari 40 tahun ia dikenal sebagai Ratu Jungga.

Musik-musik yang ia mainkan merupakan bentuk musik Sumba yang relatif modern, dipengaruhi oleh gaya sebelumnya yang menggunakan jungga dengan dua senar. Ata Ratu pernah tampil di Smithsonian/Folkways “Music of Indonesia“ dan pada akhir tahun 2017 berkesempatan terlibat dalam program Europalia mementaskan karyanya di Belgia dan beberapa negara Eropa lainnya.

Ciputra Artpreneur Museum 100 Years Hendra Gunawan

Acara berlangsung pada Minggu (5/8) – Senin (16/8).

Pameran diselenggarakan untuk memperingati 100 tahun Hendra Gunawan, salah satu seniman senirupa modern terbaik di Indonesia. Prisoner of Hope, hal ini tercermin dalam pameran permanen baru Museum Ciputra yang menyajikan 32 karya Hendra Gunawan. Pameran Hendra Gunawan, Prisoner of Hope, dikuratori oleh Agus Dermawan T dan Aminudin TH Siregar.

Pameran ini menampilkan karya-karya koleksi pribadi Ir Ciputra yang memang memiliki persahabatan yang erat dan luar biasa dengan sang artis.

Hendra Gunawan lahir di Bandung, 11 Juni 1918. Sejak itu namanya tercatat dalam sejarah Indonesia dan dunia kesenian. Sebagai seniman, karyakarya Hendra Gunawan hadir dengan warna-warni yang berani dan khas, menggambarkan estetika dan sisi tropis bangsa Indonesia.

Ciputra Artpreneur Theater, Konser Kolaborasi Jepang-Indonesia “Suara dari Timur

Dalam rangka memperingati 60 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia, Min On Global Music Network mempersembahkan: “Dozan Fujiwara Shakuhachi Concert –Suara dari Timur – Shinboku “

Konser ini menampilkan musisi Jepang yaitu Dozan Fujiwara, Renzan Kudo, Kohzan Shiba, Hozan Murasawa, Keizam Tanabe, Seigo Takimoto, Yuko Nakakita yang akan berkolaborasi dengan musisi Indonesia yaitu Darman Merdeka, Joel Tampeng, Firman Djalut.

Kita akan bersama menikmati suara budaya, suara musik dan suara muda dari alunan Shakuhachi, alat musik tiup tradisional yang berasal dari Jepang yang memiliki suara khas dan dapat dipadukan dengan berbagai alat musik baik itu tradisional maupun modern, yang dipadu dengan perkusi, gitar, tehyan serta musik modern lainnya.

Ajak teman, kawan dan kolega untuk bersama kita mendengarkan suara budaya, suara musik dan suara muda.

Konser ini terbuka untuk umum dan gratis.

Registrasi melalui : Whatsapp 08567414886, 081311478130,  Instagram @suaradaritimur2018

Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur, Parade Sandelwood & Festival Tenun Ikat Sumba 2018

Acara berlangsung pada Kamis (2/8) – Kamis (9/8).

Pulau Sumba memang identik dengan kuda Sandelwood, kuda asli Sumba, dan juga kain tenun ikat Sumba yang dikenal sebagai salah satu mahakarya anak bangsa. Keduanya memiliki daya tarik yang kuat, serta punya potensi besar untuk menjadikan pulau yang masuk dalam wilayah administratif Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) itu sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Perhelatan tahunan ini dikemas secara kolosal dan kreatif dengan memadukan daya tarik budaya, kerajinan, kuliner, wisata alam dan buatan, serta potensi lain yang dimiliki daerah tersebut. Acara utamanya tentu saja parade kuda dan atraksi seniman tenun ikat.

Parade yang melibatkan 1.001 kuda Sandelwood berlangsung di empat kabupaten yang ada di Pulau Sumba. Biasanya parade dimulai dari Kabupaten Sumba Timur, lalu ke Kabupaten Sumba Tengah, Sumba Barat, dan berakhir di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Dalam Festival Tenun Ikat Sumba, jika pada tahun lalu melibatkan 2017 seniman tenun ikat, di tahun ini akan ada atraksi dari 2018 seniman. Sebagai salah satu warisan budaya yang sangat berharga, pembuatan kain tenun ikat itu biasanya dilakukan oleh para perempuan. Pengerjaannya membutuhkan waktu yang panjang, bisa dua sampai tiga bulan, bahkan ada yang memakan waktu hingga lima bulan. Tingkat kesulitannya pun cukup tinggi.

Narahubung: Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Telepon: +62 380 826384, Email: dinparekrafntt@gmail.com , Situs web: tourism.nttprov.go.id

Koridor Timur, Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, pukul 06.30 WIB – Selesai, Harmoni Indonesia 2018

Mari kita hadiri acara bernyanyi bersama, lagu-lagu kebangsaan  dalam rangka merajut rasa kebangsaan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, dan menyukseskan Asian Games 2018 serta Asian Para Games 2018, yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Acara bernyanyi bersama ini akan dilakukan serentak di 34 kota dan 9 Negara dipimpin oleh Addie MS, dan akan diliput oleh 10 stasiun TV. Para pengikut acara ini tidak diperbolehkan menggunakan atribut partai politik ataupun relawan, dan diharapkan menggunakan pakaian bernuansa merah putih.

Lagu-lagu kebangsaan yang akan digemakan pada acara Harmoni Indonesia tersebut adalah Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Rayuan Pulau Kelapa, Mars Garuda Pancasila, dan Padamu Negri.  

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home