Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:45 WIB | Selasa, 03 Februari 2015

Ahok: Kunci Cegah DBD adalah Saluran Air

Mengantisipasi mewabahnya demam berdarah dengue, warga membersihkan lingkungan. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA,SATUHARAPAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, yang lebih akrab disapa dengan Ahok, mengungkapkan kunci utama pencegahan demam berdarah dengue (DBD) adalah saluran air yang terjaga kebersihannya.

"Di Jakarta ini, kunci untuk pencegahan DBD itu adalah saluran air yang terjaga kebersihannya, agar terus mengalir sampai ke laut," kata Basuki di Jakarta, Selasa (3/2).

Basuki mengatakan, untuk menjaga kebersihan saluran air yang ada di seluruh wilayah Ibukota, ia telah menginstruksikan dinas terkait untuk mengecek dan melakukan perawatan secara serius.

"Kita terus kejar habis untuk pembersihan dan pengecekan saluran agar bersih," katanya.

Selain pembersihan saluran, Basuki juga mengatakan telah menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk bersiaga.

"Dari Dinkes, sampai semua tenaga medis yang ada di puskesmas kita turunkan semua untuk bersiaga dan melakukan pendataan, dari data mereka terlihat jumlah kasus DBD agak menurun pada musim hujan ini," katanya.

Hal tersebut, lanjut Basuki, tidak terlepas dari kondisi Kota Jakarta yang tidak terdapat nyamuk ketika musim hujan, namun sebaliknya ketika musim kemarau.

"Jakarta itu agak unik, jika hujan justru tidak ada nyamuk. Pernah perhatikan kalau hujan? Karena (air) lari ke laut semua. Jakarta banyak nyamuk kalau musim kemarau," katanya.

Dia menambahkan, karena kondisi Jakarta seperti itu, saluran air harus sebisa mungkin dalam keadaan bersih, air tidak menggenang.(Ant)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home