Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 23:24 WIB | Senin, 19 Agustus 2013

Asian Youth Games 2013: Basket 3 on 3, Putri Peringkat 3, Putra Posisi 2

Tim basket putra dan putri Indonesia yang akan berlaga pada Asian Youth Games (foto: perbasi.or.id).

NANJING, SATUHARAPAN.COM - Tim bola basket 3 on 3 putri Indonesia hingga Senin (19/8) berada pada posisi ke-3 di klasemen Grup B cabang olahraga basket 3 on 3, pada ajang Asian Youth Games (AYG) yang digelar di Nanjing. Sementara itu basket putra berada pada peringkat dua grup A.

Pada pertandingan yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Wutaishan, Nanjing pada Sabtu (17/8) Tim basket putri Indonesia dikalahkan tuan rumah China dengan skor 7-20, kemudian keesokan harinya pada Minggu dikalahkan Uzbekistan dengan skor 4-16, pada pertandingan terakhir penyisihan grup yang akan digelar nanti malam (19/8), Indonesia akan menghadapi tim basket putri Palestina.  Pada klasemen grup B basket putri, Posisi teratas ditempati Uzbekistan, diikuti China, lalu Indonesia dan Palestina berada pada peringkat terakhir.

Klasemen sementara basket putra 3 on 3 grup A, Thailand berada pada posisi teratas, dan diikuti oleh Indonesia, kemudian Taipei, selanjutnya Jordania, dua peringkat terbawah ditempati berturut-turut oleh Irak dan Kuwait.

Pada basket 3 on 3 putra, pertandingan pertama yang berlangsung pada Sabtu (17/8) tim basket putra mengalami kekalahan dari Filipina 8-10, kemudian pada Minggu (18/8) mereka mengalahkan Maladewa 21-5, dan pada hari Senin (19/8) ini mereka akan menghadapi Arab Saudi.

Menurut Perbasi melalui situs resminyaIndonesia mengirimkan tim bola basket 3 on 3 putra-putri pada AYG, sebanyak delapan pemain bola basket usia di bawah 18 tahun (U-18) yang diberangkatkan ke Nanjing.

Adapun atlet-atlet putra yang dipanggil untuk memperkuat tim Indonesia yaitu Vincent Rivaldi Kosasih, Revaldo, Sandy Ibrahim, Alkristian Chandra. Sedangkan tim putri diperkuat Vinny Rusadi, Adriani Nabila, Calista Elvira, dan Monica Kristianti Halim.

Youbel Sondakh selaku pelatih tim basket putra dan putri Indonesia mengatakan bahwa peluang Indonesia meraih medali cukup besar karena telah menjalani latihan dalam jangka waktu cukup panjang dan teratur.

Basket three on three atau 3 on 3 dimainkan hanya 3 pemain dalam satu tim, menggunakan setengah lapangan basket, dan hanya memainkan satu babak selama 10 menit. Salah satu peraturan yang membedakan three on three dari permainan basket satu lapangan adalah setiap bola yang masuk ke keranjang dihitung satu angka, sementara tembakan dari luar garis tiga angka dihitung dua angka. Kedelapan atlet basket ini menjadi bagian dari 104 atlet kontingen Indonesia dari 14 cabang olahraga yang berangkat ke Nanjing.(nanjing2013.org/perbasi.or.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home