Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 12:03 WIB | Kamis, 10 Oktober 2013

Atlet Terjun Bebas Tewas Saat Berlaga di China

Jenazah Victor Kovats diungsikan dari bawah perbukitan di Hunan, Cina oleh tim penyelamat. (foto: xinhua.net)

HUNAN, SATUHARAPAN.COM – Atlet terjun bebas menggunakan sayap (wingsuit) asal Hungaria, Victor Kovats tewas kecelakaan saat berlaga di Hunan, China bagian tengah pada Rabu (9/10).

Tubuh Victor Kovats ditemukan berada di dasar lembah curam di Tiananmen Mountain National Forest Park, provinsi Hunan. Hingga berita diturunkan, lebih dari 200 penyelamat berusaha menyelamatkan atlet asal Hongaria tersebut semalaman, walau kondisi kabut dan berbahaya.     

Laporan setempat mengatakan Kovats diperkirakan meninggal karena cedera kepala setelah menabrak sisi tebing. Kovats melompat dari ketinggian 2.290 meter dan menabrak tebing. Rencananya, Kejuaraan Dunia Wingsuit Kedua diadakan di taman cagar alam ini 11-13 Oktober 2013 di Hunan, China. Penyebab kecelakaan itu tidak segera diketahui, meskipun kantor berita resmi Xinhua mengutip penyelenggara kejuaraan wingsuit tersebut mengatakan kegagalan Kovats membuka parasut, atau hembusan angin yang keras merupakan dua dari kemungkinan penyebab tewasnya Kovats yang telah menjadi juara wingsuit nasional Hungaria tiga kali ini.

Persatuan Olahraga Wingsuit Dunia (World Wingsuit League) menyatakan ungkapan dukacita perihal tewasnya Victor Kovats.

“Kami sedih atas meninggalnya Victor Kovats dan teriring doa dan harapan kami bagi orang tua dan teman di saat yang memprihatinkan ini. Dia akan selalu kami kenang dalam usaha dan ambisinya untuk olahraga penuh tantangan ini, dia akan selalu menjadi bagian dari komunitas wingsuit ini,” ungkap sebuah pernyataan resmi dari Persatuan Olahraga Wingsuit Dunia (WWL).

Persatuan Olahraga Wingsuit Dunia (World Wingsuit League) mengatakan sehubungan dengan kematian Kovacs, pada masa mendatang akan meninjau dan meningkatkan prosedur keselamatan bagi atlit-atlit Wingsuit ini.

“Selama tiga tahun terakhir kami telah bekerja sama pada isu-isu keamanan dengan atlet, produsen dan ahli lainnya. Namun, ketika dunia terbaik bersaing di tingkat tertinggi dalam olahraga, risiko tetap ada,” kata liga di situsnya.

Terjun Wingsuit adalah olahraga terbang di udara dengan menggunakan pakaian khusus, yang disebut Wingsuit, setelah menggunakan pakaian tersebut maka tubuh manusia dapat mengudara lagi dalam waktu singkat walau atlit tersebut telah mengalami perubahan ketinggian dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, karena ada perubahan ketinggian.

Sebuah penerbangan wingsuit biasanya berakhir dengan pembukaan parasut, yang memungkinkan atlit wingsuit dengan aman dapat mendarat di titik yang telah ditentukan. (foxnews.com/wikipedia.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home