Loading...
INSPIRASI
Penulis: Gabriel Satyoadi 05:45 WIB | Jumat, 26 Februari 2016

Ayo Berinovasi!

Masih banyak hal lain yang dapat kita buat.
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Budaya konsumtif dan selalu mengikuti perkembangan zaman, yang melekat dengan masyarakat Indonesia, selama ini hanya dipandang efek negatifnya saja. Memang benar bahwa perilaku konsumtif ini memboroskan uang, apalagi kalau produk yang dibeli adalah produk buatan luar negeri. Dampak negatif jika masyarakat Indonesia selalu membeli produk luar terus-menerus, produk lokal dan usaha dalam negeri akan gulung tikar, akhirnya pengangguran bertambah, dan angka kriminalitas meningkat.

Akan tetapi, mari kita lihat masalah ini dengan sudut pandang berbeda. Masyarakat Indonesia sebenarnya memiliki daya beli tinggi. Dan tak bisa dipungkiri, hal yang dicari dan menjadi kebutuhan masyarakat saat ini adalah benda yang unik, baru dan berguna. Tak perlu berpikir membuat sesuatu yang besar dengan biaya banyak.

Kebiasaan yang sedang ngetren di seluruh penjuru dunia saat ini adalah selfie menggunakan tongsis (tongkat narsis). Tongsis digunakan untuk mengambil gambar dari sudut yang berbeda. Selain itu tongsis juga memudahkan kita untuk berfoto sendiri tanpa merepotkan orang lain. Dan penemu tongsis adalah orang Indonesia bernama Anindito Respati Giyardani. Berawal dari melihat teman-temannya yang sedang selfie, namun setelah melihat hasil fotonya, ternyata ada kekurangan pada foto tersebut. Jarak kamera terlalu dekat karena panjang tangan manusia yang terbatas. Akhirnya muncul ide untuk membuat tongsis itu.

Kita tahu bahwa tongsis hanya berbentuk tongkat dan di ujungnya diberi tempat untuk meletakan smartphone. Sesederhana itu.  Tetapi tidak disangka-sangka, tongsis laris manis di pasaran. Dan pembelinya tidak hanya dari Indonesia saja, banjiran pesanan datang dari beberapa negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan London.

Mari berinovasi dan mencoba untuk berpikir kreatif. Masih banyak hal lain yang dapat kita buat. Misal, seperti sepatu yang bisa menyimpan uang, kemudian diberi merek unik, seperti ancop (anti copet), pasis (sepatu narsis), dan sebagainya. Siapa tahu justru menjadi pendapatan yang lumayan untuk kita, syukur bisa buka cabang dan buat lapangan kerja. Dan jangan lupa dipatenkan bila penemuan Anda benar-benar baru.

Selamat berinovasi!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home