Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Endang Saputra 07:01 WIB | Selasa, 08 Desember 2015

Bekasi Intensifkan Komunikasi Perluasan Trayek Transjakarta

Transportasi bus Angkutan Perbatasan Terintergrasi Busway (APTB) rencananya akan dibatasi rute trayeknya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta seperti yang terlihat di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (9/1). Rencana pembatasan tersebut masih dalam proses pengkajian sampai ada solusi yang baik. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

BEKASI, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengintensifkan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna merealisasikan wacana perluasan trayek Transjakarta ke sejumlah kawasan penyangga ibukota, termasuk Kota Bekasi.

"Kami akan menindaklanjuti wacana pengoperasian Transjakarta di Kota Bekasi dengan mengintensifkan komunikasi," kata Kepala Dishub Kota Bekasi Yayan Yuliana di Bekasi, hari Senin (7/12).

Menurut dia, wacana perluasan trayek tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan jajarannya bertandang ke Balai Kota Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Saat itu muncul usulan dari Pak Gubernur untuk menembuskan Transjakarta ke Kota Bekasi," katanya.

Pengoperasian Transjakarta di Kota Bekasi tersebut dimaksudkan untuk memudahkan warga komuter asal Kota Bekasi untuk mencapai Jakarta.

Dengan ditembuskannya rute Transjakarta ke Kota Bekasi, diharapkan ongkos yang harus dikeluarkan warga Kota Bekasi untuk menuju Jakarta bisa ditekan.

"Bila dari segi pengeluaran dirasa menguntungkan karena lebih murah, harapan jangka panjangnya akan ada lebih banyak warga yang beralih dari kendaraan pribadinya untuk mengakses Jakarta menggunakan moda transportasi massal itu," katanya.

Menurut dia, komunikasi yang akan dibangun dengan Pemprov DKI adalah seputar prosedur pengoperasian trayek sesuai kemampuan Pemkot Bekasi.

Kesiapan yang dimaksud berupa prasarana Transjakarta yang ideal berupa pemisahan jalur khusus.

"Sebab rata-rata jalan di Kota Bekasi tidak terlalu lebar, sehingga akan sulit jika harus menyiapkan jalur khusus," katanya.

Yayan berharap masalah tersebut bisa dibahas terlebih dahulu secara serius sebelum Transjakarta benar-benar dioperasikan di Kota Bekasi. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home