Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:30 WIB | Jumat, 28 Maret 2014

Guus Hiddink Kembali Tangani Belanda

Guus Hiddink (kemeja putih) saat menangani Tim Nasional Belanda dalam turnamen Piala Dunia 1998. (Foto: nieuws.nl)

AMSTERDAM, SATUHARAPAN.COM - Federasi sepak bola Belanda, KNVB, menginformasikan Tim Nasional (Timnas) Belanda akan ditangani Guus Hiddink setelah Piala Dunia 2014 berlangsung. Danny Blind serta Ruud van Nistelrooy akan mendampinginya sebagai asisten pelatih.

Awal bulan ini, mantan pelatih Chelsea dan Real Madrid tersebut mengungkapkan bahwa ia telah menjalin kesepakatan dengan KNVB untuk mengarsiteki tim nasional Belanda.

Guus Hiddink akan menggantikan Louis van Gaal, yang sebelumnya telah menegaskan akan mundur dari kursi kepelatihan Timnas Belanda, apa pun hasil yang diraih pada piala dunia tahun ini. Van Gaal pun sering dikaitkan dengan salah satu klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Guus Hiddink bukanlah nama baru di kursi kepelatihan Timnas Belanda. Hiddink sudah pernah menangani Timnas Belanda, pada 1994-1998. Saat itu, ia sukses membawa Belanda menembus babak Semi Final Piala Dunia 1998, di Prancis, sebelum dikalahkan Brasil lewat adu tendangan penalti.

Usai mengundurkan diri dari Timnas Belanda pada 1998, Hiddink sempat menangani beberapa timnas lainnya, seperti Korea Selatan, Australia, Rusia, dan Turki. Terakhir, Hiddink mengemban tugas sebagai pelatih klub asal Rusia, Anzhi Makhachkala. Namun, pada Juli 2013 ia mengundurkan diri.

Kini, Hiddink menjabat sebagai penasihat staf pelatih klub PSV Eindhoven hingga akhir musim.

Belanda tergabung di Grup B Piala Dunia pada Piala Dunia 2014, bersama sang juara bertahan Spanyol, Chili dan Australia. (eurosport.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home