Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:22 WIB | Selasa, 23 Mei 2023

Hadapi Pengaruh China, AS dan Papua Nugini Teken Perjanjian Keamanan

Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, kanan, berjabat tangan dengan Perdana Menteri Selandia, Baru Chris Hipkins, pada pertemuan sarapan pagi di Port Moresby, Papua Nugini, hari Senin, 22 Mei 2023. (Foto: AP/Nick Perry)

PORT MORESBY, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat menandatangani pakta keamanan baru dengan Papua Nugini pada hari Senin (22/5) saat bersaing dengan China untuk mendapatkan pengaruh di Pasifik.

Lokasi Papua Nugini di sebelah utara Australia menjadikannya signifikan secara strategis. Itu adalah tempat pertempuran sengit selama Perang Dunia II, dan dengan populasi hampir 10 juta orang, itu adalah negara Kepulauan Pasifik terpadat.

Departemen Luar Negeri mengatakan perjanjian baru itu memberikan kerangka kerja untuk membantu meningkatkan kerja sama keamanan, meningkatkan kapasitas pasukan pertahanan Papua Nugini, dan meningkatkan stabilitas regional. Kesepakatan penuh akan dipublikasikan setelah politisi di kedua negara memiliki kesempatan untuk memberikan masukan, kemungkinan dalam beberapa bulan.

“Pekerjaan yang kita lakukan bersama untuk mencoba membentuk masa depan sangat penting, sangat tepat waktu,” kata Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, kepada wartawan. “Kami sangat berinvestasi di Indo-Pasifik karena masa depan planet kita sedang ditulis di sini. Papua Nugini memainkan peran penting dalam membentuk masa depan itu.”

PNG: Pakta Saling Menguntungkan

Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, mengatakan pakta itu saling menguntungkan dan "mengamankan kepentingan nasional kita" dalam "menjadi ekonomi yang kuat di bagian dunia ini."

Namun kesepakatan tersebut memicu protes mahasiswa di kota terbesar kedua, Lae. Dan banyak orang di Pasifik prihatin dengan meningkatnya militerisasi di kawasan itu.

Pelajar Naomi Kipoi, 17 tahun, mengatakan dia menentang pakta keamanan karena dia merasa itu berarti AS dapat datang ke negaranya kapan saja tanpa izin. Dia mengatakan China telah sangat membantu negaranya dengan membangun jalan dan mendanai sekolah.

“AS tidak membantu kami dengan bantuan dan hal-hal lain,” kata Kipoi. "Mereka hanya mencoba untuk menandatangani perjanjian."

Tahun lalu, Kepulauan Solomon di dekatnya menandatangani pakta keamanannya sendiri dengan China, sebuah langkah yang menimbulkan kekhawatiran di seluruh Pasifik. AS telah meningkatkan fokusnya di Pasifik, membuka kedutaan besar di Kepulauan Solomon dan Tonga, menghidupkan kembali upaya sukarelawan Peace Corps, dan mendorong lebih banyak investasi bisnis.

Tetapi beberapa orang mempertanyakan seberapa andal AS sebagai mitra di Pasifik, terutama setelah Presiden Joe Biden membatalkan rencananya untuk melakukan perhentian bersejarah di Papua Nugini untuk menandatangani pakta tersebut. Biden akan menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi negara Kepulauan Pasifik mana pun, tetapi dia akhirnya membatalkan untuk fokus pada pembicaraan batas utang di dalam negeri.

Blinken melakukan perjalanan menggantikan Biden, tiba di Papua Nugini hari Senin pagi. Menanggapi berita tentang kunjungan Blinken yang akan datang, China memperingatkan agar tidak memperkenalkan "permainan geopolitik" ke wilayah tersebut.

Selain pakta pertahanan, AS juga menandatangani perjanjian maritim dengan Papua Nugini yang memungkinkan Penjaga Pantai AS bermitra dengan negara Pasifik itu untuk melawan penangkapan ikan ilegal dan penyelundupan narkoba.

Respons Selandia Baru

Kunjungan AS bertepatan dengan perjalanan Perdana Menteri India, Narendra Modi, yang mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Kepulauan Pasifik untuk membahas cara kerja sama yang lebih baik.

Blinken bertemu dengan Perdana Menteri Selandia Baru, Chris Hipkins, dan mengatakan bahwa kedua negara memiliki visi yang sama untuk kawasan tersebut. “Untuk memastikannya tetap bebas, terbuka, aman, dan sejahtera,” kata Blinken.

Hipkins memberi tahu Blinken bahwa dia sangat senang Blinken telah melakukan perjalanan itu. “Peningkatan kehadiran AS di Pasifik adalah sesuatu yang kami sambut baik,” kata Hipkins.

Tapi Hipkins juga membedakan upaya bangsanya sendiri. “Kami tidak tertarik dengan militerisasi Pasifik,” kata Hipkins kepada wartawan sebelum pertemuan dengan Blinken. “Kami tertarik untuk bekerja sama dengan Pasifik dalam isu-isu yang menjadi kepentingan bersama kami. Isu seputar perubahan iklim. Dan kami tidak akan mengikatkan ikatan militer pada dukungan itu.”

Hipkins adalah salah satu dari sedikit pemimpin yang berani tampil di depan umum. Dia mendapat sambutan meriah dari ratusan simpatisan ketika dia mengunjungi Pasar Gordons, pasar buah dan sayuran yang besar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home