Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 19:58 WIB | Kamis, 16 Oktober 2014

Jeirry Sumampouw: Politikus Kristen Berpolitik Inklusif

Jeirry Sumampouw, S.Th (paling kanan) saat peresmian Grha Oikumene bersama dengan Romo Benny Susetyo (tengah, rohaniawan Katolik), dan Siti Musdah Mulia (paling kiri, ICRP). (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Politikus Kristen dalam pandangan ideal Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) salah satu cirinya adalah politikus yang mampu berpikir dan bertindak inklusif. Hal ini dikemukakan Sekretaris Eksekutif Bidang Diakonia PGI, Jeirry Sumampow, S.Th. kepada satuharapan.com pada Kamis (16/10) di Gedung PGI, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

“Politikus kristen diharapkan tidak hanya memperjuangkan kasus minoritas seperti penutupan paksa gereja oleh umat tertentu, tetapi dia berani memperjuangkan segala sesuatu yang tertindas berdasarkan nilai-nilai kebangsaan,” kata Jeirry.

Jeirry menolak menyebut nama politikus beragama Kristen yang ideal saat ini akan tetapi dia mementingkan bahwa politikus Kristen harus mampu berbuat banyak bagi Indonesia, apabila itu merupakan menteri, atau anggota parlemen, senator, maupun kepala negara sekalipun, dan mampu berkontribusi positif bagi daerahnya apabila dia adalah seorang wali kota, bupati, dan gubernur.

“Bagi PGI, bukan seberapa hebat seorang politikus kristen memperjuangkan kasus yang menimpa umat Kristen saja, tetapi bagaimana dia mampu menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan HAM, atau kemanusiaan lainnya tanpa membeda-bedakan kepercayaan,” Jeirry menambahkan.

PGI, menurut Jeirry, memberi ciri politikus Kristen ideal lainnya, yakni politikus yang berpolitik dengan mencerminkan nilai-nilai kristiani saat menjalankan tugas-tugas politiknya. “Politikus kristen yang ideal adalah menjalankan nilai-nilai kristen dalam tugas-tugas politiknya, berlaku jujur, dan mengayomi masyarakat,” kata Jeirry.

Dalam pandangan PGI, politikus Kristen adalah mereka yang benar-benar menjalankan nilai Kristiani yang berdasar kepada Yesus Kristus.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home