Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 18:31 WIB | Sabtu, 10 September 2022

Kapolri Minta Polwan Jaga Kepercayaan Publik dengan Pendekatan Humanis

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada HUT ke-74 Polwan. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh jajaran polisi wanita (Polwan) menjaga kepercayaan publik dengan pendekatan humanis.

Hal tersebut disampaikan Sigit saat memberi sambutan di acara puncak dan syukuran HUT ke-74 Polwan Republik Indonesia di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (9/9).

“Saya harapkan rekan-rekan Polwan betul-betul bisa tampil untuk menunjukkan dan mendorong kepercayaan masyarakat kepada Polri bisa kembali dan harapan kita bisa lebih tinggi dibandingkan yang sebelumnya,” kata Sigit dalam sambutannya.

Sigit mengatakan, Polwan bisa ikut menjadi salah satu garda terdepan untuk terus meraih kepercayaan masyarakat demi tegaknya marwah institusi Polri. Sigit meyakini, Polwan dapat menjadi agent of change dalam hal ini.

“Saya titip ini semua kepada rekan-rekan Polwan sebagai agent of change terkait dengan reformasi kultural yang ada di Polri. Beberapa hari atau beberapa pekan terakhir kemarin ada survei terbaru, yaitu sudah 69,6 persen. Artinya, angka ini adalah angka yang harus kita perjuangkan karena ini menyangkut marwah institusi, menyangkut kepercayaan publik kepada Polri,” kata Sigit.

Sigit optimistis peran dan pendekatan Polwan mampu menjadi salah satu kekuatan untuk meningkatkan kepercayaan publik. Namun demikian, Sigit menyebut Polwan harus mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan kejahatan model transnational crime hingga hyper connectivity.

“Sehingga rekan-rekan Polwan terus bisa mengembangkan kemampuannya karena saya yakin bahwa memang ditugas-tugas khusus ini tentu rekan-rekan Polwan memiliki kelebihan dibandingkan rekan-rekan Polki,” imbuh Sigit.

Polwan ke depan akan mendapatkan kesempatan yang lebih banyak sebagaimana semangat kesetaraan jender yang terjadi di internal Polri dewasa ini. Polwan akan mendapatkan kesempatan untuk menempati jabatan-jabatan strategis maupun yang memiliki risiko tinggi. “Terkait dengan kepekaan jender, ini juga kita sedang dikembangkan terus,”katanya.

“Saya mengutip apa yang disampaikan oleh Pak Presiden Joko Widodo (Jokowi): setiap zaman disepanjang sejarahnya, Indonesia selalu melahirkan perempuan-perempuan yang tangguh, berpengaruh, dan menjadi inspirasi mereka mengambil peran di semua palagan pengabdian yang membuat bangsa besar ini tetap tegak dan melangkah maju,” kata Sigit.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home