Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:52 WIB | Senin, 24 Agustus 2015

Kekalahan Bilbao dari Barcelona Mengecewakan

Kekalahan Bilbao dari Barcelona Mengecewakan
Pemain Bilbao Mikel Rico (kaus merah putih, kanan) dihadang Sergio Busquets (Barcelona, bawah). (Foto-foto: fifa.com).
Kekalahan Bilbao dari Barcelona Mengecewakan
Luis Suarez (kiri) bergembira mencetak gol.
Kekalahan Bilbao dari Barcelona Mengecewakan
Para pemain Barcelona bergembira setelah gol Luis SUarez.

 BILBAO, SATUHARAPAN.COM - Pelatih Athletic Bilbao Ernesto Valverde menggambarkan kekalahan melawan Barcelona dengan skor 0-1 sebagai pertandingan yang paling mengecewakan bagi Bilbao, walau di dua pertemuan Piala Super Spanyol beberapa waktu lalu berhasil menjungkalkan klub yang musim lalu menjadi juara Liga Champions Eropa tersebut. 

"Mereka (Barcelona) kini memperbaiki celah di lini belakang, dan mereka (Barcelona) kini bersatu sehingga cukup kuat,  kami berjuang menciptakan peluang, saya tidak senang karena banyak peluang kami (Athletic Bilbao) terbuang percuma,” kata Valverde seusai laga Liga Primera Spanyol, hari Senin (24/8) dini hari WIB di Stadion San Mames, Bilbao, seperti diberitakan marca.com.  

Satu-satunya gol kemenangan Barcelona yang mempermalukan Athletic Bilbao diciptakan Luis Suarez. Gol bermula dari inisiatif gelandang Barcelona, Jordi Alba dari sisi kiri yang memberi umpan ke kotak penalti bola langsung diselesaikan dengan sempurna oleh Suarez. Striker asal Uruguay itu berdiri bebas di dalam kotak penalti dan menyelesaikan umpan Alba dengan tendangan voli untuk menjebol gawang Bilbao.

“Kami tidak mampu mengendalikan keseimbangan permainan, dan banyak pemain tidak bermain dengan baik,” kata Valverde.  

Valverde tidak mau  menyalahkan kondisi fisik pemainnya, karena dua kali bertemu Barcelona dalam waktu berdekatan di penghujung Juli 2015, saat menang di kandang dengan skor 4-0 dan bermain imbang 1-1 di kandang Barcelona di Piala Super Spanyol.

“Menurut saya ini lebih karena kondisi lapangan tidak bagus, dan bola lebih cepat memantul,” dia menambahkan.

Faktor kekalahan Bilbao lainnya, menurut Valverde yakni cederanya sang gelandang  Mikel Balenziaga.

“Saya mengistirahatkan dia (Balenziaga), saya takut dia cedera berkepanjangan karena kami  memainkan  pertandingan kompetitif dalam waktu yang sangat singkat. Saya berharap kami bisa memulihkan beberapa pemain karena kami tim yang tumpul akibat banyak pemain yang absen,” kata dia.

Luis Enrique Sesali Banyak Cedera

Pelatih Barcelona, Luis Enrique menyesali saat melawan Bilbao banyak pemain yang cedera. Seperti  Sergi Roberto, gelandang Barcelona yang menggantikan posisi bek kanan yang ditempati Dani Alves. 

"Banyak laga pra-musim yang mewajibkan kita untuk memulai sepak bola dengan kompetitif, akibatnya  risiko cedera semacam ini akan sering terjadi,” kata Enrique seperti diberitakan soccerway.com.

“Kami memulai musim ini pada tingkat tinggi namun kami belum punya pola  permainan yang sangat lengkap," kata dia.

Enrique memuji  Sergi Roberto yang sangat cepat beradaptasi mengganti posisi Dani Alves.

“Dia (Sergi Roberto)  sangat dewasa meskipun ia adalah gelandang,” kata Enrique.

Barcelona menempati  posisi teratas klasemen bersama Atletico Madrid dan Espanyol dengan tiga poin. Atletico dan Espanyol sama-sama punya tiga poin lewat kemenangan 1-0 atas lawan-lawannya.

Susunan Pemain:

Athletic Bilbao:  Gorka Iraizoz,  Oscar De Marcos,  Gorka Elustondo,  Aymeric Laporte,  Mikel Balenziaga,  Mikel Rico, Beñat,  Markel Susaeta,  Javi Eraso,  Sabin,  Adúriz.

Barcelona:   Claudio Bravo, Dani Alves,  Javier Mascherano, Thomas Vermaelen, Jordi Alba, Sergio Busquets,  Ivan Rakitic, Andrés Iniesta, Lionel Messi, Rafinha, Luis Suárez.

Hasil pertandingan Liga Spanyol lainnya, Senin (24/8) dini hari WIB: Sporting Gijon 0-0 Real Madrid.

 (eurosport.com /  marca.com/ soccerway.com)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home