Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 07:11 WIB | Senin, 11 Juli 2022

Laporan PBB: Rusia dan Ukraina Dipersalahkan dalam Seranga di Panti Jompo

Laporan PBB: Rusia dan Ukraina Dipersalahkan dalam Seranga di Panti Jompo
Gambar dari Maxar Technologies ini menunjukkan sebuah panti jompo di wilayah timur Luhansk, Ukraina, pada 13 Oktober 2021. (Foto-foto: dok. Gambar satelit © 2022 Maxar Technologies via AP)
Laporan PBB: Rusia dan Ukraina Dipersalahkan dalam Seranga di Panti Jompo
Gambar dari Maxar Technologies ini menunjukkan sebuah panti jompo di wilayah timur Luhansk, Ukraina, pada 22 Maret 2022, setelah serangan.

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Dua pekan setelah Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari, pasukan Rusia menyerang sebuah panti jompo di wilayah timur Luhansk. Puluhan pasien lanjut usia dan penyandang cacat, banyak dari mereka terbaring di tempat tidur, terperangkap di dalam tanpa air atau listrik.

Serangan 11 Maret memicu kebakaran yang menyebar ke seluruh fasilitas, mencekik orang-orang yang tidak bisa bergerak. Sejumlah kecil pasien dan staf melarikan diri ke hutan terdekat, akhirnya mendapatkan bantuan setelah berjalan sejauh lima kilometer.

Dalam perang yang penuh dengan kekejaman, serangan terhadap panti jompo di dekat desa Stara Krasnyanka menonjol karena kekejamannya. Dan pihak berwenang Ukraina menempatkan kesalahan tepat pada pasukan Rusia, menuduh mereka membunuh lebih dari 50 warga sipil yang rentan dalam serangan brutal dan tidak beralasan.

Tetapi sebuah laporan baru PBB telah menemukan bahwa angkatan bersenjata Ukraina menanggung sebagian besar kesalahan, dan mungkin sama, atas apa yang terjadi di Stara Krasnyanka, yang berjarak sekitar 580 kilometer tenggara Kiev. Beberapa hari sebelum serangan, tentara Ukraina mengambil posisi di dalam panti jompo, secara efektif menjadikan gedung itu sebagai sasaran.

Setidaknya 22 dari 71 pasien selamat dari serangan itu, tetapi jumlah pasti orang yang tewas masih belum diketahui, menurut PBB.

Laporan Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB tidak menyimpulkan tentara Ukraina atau tentara Rusia melakukan kejahatan perang. Tetapi dikatakan pertempuran di panti jompo Stara Krasnyanka adalah simbol dari keprihatinan kantor hak asasi manusia atas potensi penggunaan "perisai manusia" untuk mencegah operasi militer di daerah-daerah tertentu.

Cerita ini adalah bagian dari investigasi yang sedang berlangsung dari The Associated Press dan seri PBS “Frontline” yang mencakup pengalaman interaktif War Crimes Watch Ukraina dan film dokumenter yang akan datang.

Pasca serangan di rumah Stara Krasnyanka juga memberikan gambaran tentang bagaimana Rusia dan Ukraina bergerak cepat untuk mengatur narasi tentang bagaimana peristiwa berlangsung di lapangan, bahkan ketika peristiwa itu mungkin masih diselimuti oleh kabut perang. Bagi Ukraina, mempertahankan keunggulan dalam memperebutkan hati dan pikiran membantu memastikan aliran miliaran dolar yang berkelanjutan dalam bantuan militer dan kemanusiaan Barat.

Penembakan Rusia yang sering membabi buta terhadap gedung apartemen, rumah sakit, sekolah, dan teater telah menjadi penyebab utama ribuan korban sipil perang. Ukraina dan sekutunya, termasuk Amerika Serikat, telah menegur Moskow atas kematian dan cedera dan menyerukan mereka yang bertanggung jawab untuk diadili.

Tapi Ukraina juga harus mematuhi aturan internasional di medan perang. David Crane, mantan pejabat Departemen Pertahanan dan veteran berbagai investigasi kejahatan perang internasional, mengatakan pasukan Ukraina mungkin telah melanggar hukum konflik bersenjata dengan tidak mengevakuasi penghuni dan staf panti jompo.

“Aturan dasarnya adalah bahwa warga sipil tidak dapat dengan sengaja menjadi sasaran. Untuk alasan apa pun,”kata Crane. “Ukraina menempatkan orang-orang itu dalam situasi yang merupakan zona pembunuhan. Dan Anda tidak bisa melakukan itu.”

Associated Press dan serial PBS “Frontline”, yang diambil dari berbagai sumber, telah secara independen mendokumentasikan ratusan serangan di seluruh Ukraina yang kemungkinan merupakan kejahatan perang. Sebagian besar tampaknya telah dilakukan oleh Rusia. Tetapi beberapa orang, termasuk penghancuran rumah perawatan Stara Krasnyanka, mengindikasikan para pejuang Ukraina juga harus disalahkan.

Laporan pertama di media tentang panti jompo Stara Krasnyanka sebagian besar mencerminkan pernyataan yang dikeluarkan oleh pejabat Ukraina lebih dari sepekan setelah pertempuran berakhir.

Serhiy Haidai, gubernur Luhansk, menyatakan dalam sebuah posting 20 Maret ke akun Telegram-nya bahwa 56 orang telah dibunuh “secara sinis dan sengaja” oleh “penjajah Rusia” yang “menembak dari jarak dekat dari sebuah tank.” Kantor jaksa agung Ukraina, Iryna Venediktova, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari yang sama bahwa 56 orang lanjut usia meninggal karena “tindakan berbahaya” pasukan Rusia dan sekutu mereka. Tidak ada pernyataan yang menyebutkan apakah tentara Ukraina telah memasuki rumah sebelum pertempuran dimulai.

Pemerintah daerah Luhansk, yang dipimpin Haidai, tidak menanggapi permintaan komentar. Kantor kejaksaan Ukraina mengatakan kepada AP pada hari Jumat bahwa divisi Luhansk terus menyelidiki "penembakan tanpa pandang bulu dan pemindahan paksa orang" dari panti jompo. Sekitar 50 pasien tewas dalam serangan itu, kata kantor itu, lebih sedikit dari yang dinyatakan pada Maret. Kantor kejaksaan tidak secara langsung menanggapi laporan PBB, tetapi mengatakan juga sedang menyelidiki apakah pasukan Ukraina telah berada di dalam rumah itu.

Separatis yang didukung Moskow telah memerangi pasukan Ukraina selama delapan tahun di jantung industri timur yang sebagian besar berbahasa Rusia, Donbas, yang mencakup wilayah Luhansk dan Donetsk. Mereka telah mendeklarasikan dua republik "rakyat" yang independen, yang diakui oleh Rusia tepat sebelum perang dimulai. Setelah invasi, para pejuang separatis ini berada di bawah komando Rusia.

Viktoria Serdyukova, komisaris hak asasi manusia untuk pemerintah separatis Luhansk, mengatakan dalam sebuah pernyataan 23 Maret bahwa pasukan Ukraina bertanggung jawab atas korban di panti jompo. Penduduk telah disandera oleh "militan" Ukraina dan banyak dari mereka "dibakar hidup-hidup" dalam kebakaran yang dimulai oleh Ukraina saat mereka mundur, katanya.

Laporan PBB memeriksa pelanggaran hukum hak asasi manusia internasional yang telah terjadi di Ukraina sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari. Serangan Stara Krasnyanka hanya terdiri dari dua paragraf dalam laporan setebal 38 halaman. Meskipun singkat, bagian singkat ini adalah pemeriksaan paling rinci dan independen dari insiden yang telah dipublikasikan.

Bagian Stara Krasnyanka didasarkan pada laporan saksi mata dari staf yang selamat dari serangan dan informasi yang diberikan oleh kerabat penduduk, menurut seorang pejabat PBB yang tidak berwenang untuk berbicara di depan umum dan berbicara dengan syarat anonim. Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia masih bekerja untuk mendokumentasikan sepenuhnya kasus tersebut, kata pejabat itu. Di antara pertanyaan yang tersisa adalah berapa banyak orang yang terbunuh dan siapa mereka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home