Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 19:34 WIB | Minggu, 05 Maret 2023

Mengekspor Elektronik Pesawat ke Rusia, Dua Pengusaha AS Ditangkap

Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyampaikan pidatonya selama pertemuan dewan Layanan Keamanan Federal (FSB) sebagai direktur Layanan Keamanan Federal (FSB) Alexander Bortnikov duduk berikutnya di Moskow, Rusia, Selasa, 28 Februari 2023. (Foto: Gavriil Grigorov/Sputnik/pool via AP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM  - Departemen Kehakiman Amerika Serikat pada hari Kamis (2/3) menangkap dua pria Kansas atas tuduhan bahwa pasangan tersebut secara ilegal mengekspor teknologi terkait penerbangan ke Rusia dan menyediakan layanan perbaikan untuk peralatan tersebut.

Cyril Gregory Buyanovsky dan Douglas Robertson didakwa dengan konspirasi, mengekspor barang-barang yang dikontrol tanpa lisensi, memalsukan dan gagal untuk mengajukan informasi ekspor elektronik, dan menyelundupkan barang yang melanggar hukum AS.

Tuduhan itu muncul ketika AS secara drastis meningkatkan sanksi dan hukuman keuangan terhadap Rusia sejak invasi ke Ukraina dimulai pada 24 Februari 2022. Bersamaan dengan ribuan sanksi terhadap orang dan perusahaan, kontrol ekspor ke Kremlin dimaksudkan untuk membatasi akses ke chip komputer dan produk lain yang dibutuhkan untuk melengkapi militer modern.

Departemen Kehakiman mengatakan Buyanovsky dan Robertson memiliki dan mengoperasikan KanRus Trading Co., yang diduga memasok elektronik pesawat ke perusahaan Rusia dan menyediakan layanan perbaikan untuk peralatan yang digunakan dalam pesawat buatan Rusia.

Surat dakwaan tersebut mengatakan bahwa sejak tahun 2020, mereka bersekongkol untuk menghindari undang-undang ekspor AS dengan menyembunyikan dan salah mencantumkan pengguna akhir dan tujuan sebenarnya dari ekspor mereka dan dengan mengirimkan peralatan melalui negara pihak ketiga.

Mereka menghadapi hukuman 35 tahun penjara jika terbukti bersalah. Pengacara Buyanovsky dan Robertson tidak dapat diidentifikasi dari dokumen yang diberikan, dan Departemen Kehakiman tidak segera menanggapi permintaan informasi mereka.

FBI dan Kantor Penegakan Ekspor Departemen Perdagangan sedang menyelidiki kasus tersebut.

Matthew S. Axelrod, asisten sekretaris untuk penegakan ekspor di Biro Industri dan Keamanan Departemen Perdagangan, mengatakan pada acara American Bar Association di Miami Kamis bahwa aktor negara seperti Rusia, China, Iran dan Korea Utara sedang mencoba untuk “mengambil keuntungan dari cepatnya kemajuan teknolog.” Teknologi sensitif yang dikirim ke negara-negara ini adalah “daftar teratas kami dari perspektif penegakan.”

Sejak peringatan invasi Rusia ke Ukraina, pejabat AS mengatakan mereka akan meningkatkan penegakan dan sanksi terhadap orang dan entitas yang membantu Rusia dalam pengadaan persenjataan dan teknologi yang akan memperkuat militernya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home