Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:38 WIB | Jumat, 07 Agustus 2015

PBB: Dunia Harus Bebas dari Senjata Nuklir

Puing-puing dari gedung Prefektur untuk Promosi Industri di Hiroshima yang hancur akibat bom atom AS pada 6 Agustus 1945. Bangunan ini kemudian dilestarikan sebagai monumen - yang dikenal sebagai Genbaku Dome - di Hiroshima Peace Memorial. (Foto: un.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Ban Ki-moon, menyampaikan tekadnya untuk mencapai dunia yang "bebas dari bayangan bahaya nuklir." Hal itu disampaikan dalam pesan pada peringatan 70 tahun bom atom di kota Hiroshima, Jepang.

"Tujuh dekade setelah pertama digunakan bom atum dalam konflik, kesempatan suram ini memperingati puluhan ribu yang meninggal pada hari itu. Ini menghormati para korban yang menderita kesulitan parah setelahnya. PBB berdiri dengan mereka, memutuskan untuk mewujudkan visi mereka dunia yang bebas senjata nuklir," kata Ban.

"Peringatan Anda harus berkumandang dari kota ini ke seluruh dunia, mengingatkan semua orang tentang perlunya tindakan segera untuk menghilangkan senjata nuklir sekali dan untuk semua," kata dia  pada Peace Memorial Ceremony yang disampaikan oleh Perwakilan Tinggi untuk Urusan Perlucutan Senjata, Kim Won-soo.

Lebih dari 200.000 orang meninggal karena radiasi nuklir, gelombang kejut dari ledakan dan radiasi termal yang dihasilkan dari pemboman di Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki tiga hari kemudian. Selain itu, lebih dari 400.000 lebih orang tewas, dan korban terus bertambah, sejak akhir Perang Dunia II dari dampak dari dua bom tersebut.

Tahun ini juga menandai ulang tahun ke-70 PBB,  dan Ban mengingatkan tentang resolusi pertama yang diadopsi oleh Majelis Umum PBB yang mencerminkan kekhawatiran dunia tentang penggunaan senjata atom.

"Ketika Anda menyimpan memori bom yang hidup, demikian juga seharusnya masyarakat internasional untuk bertahan sampai kita telah memastikan bahwa senjata nuklir dieliminasi," katanya.

"Saya menggemakanpawai tangisan  Anda: Tidak ada lagi (tragedi) Hiroshimas. Tidak ada lagi (tragedi) Nagasaki."


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home