Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 09:44 WIB | Sabtu, 09 Mei 2015

Presiden Janji Desember Akan Kunjungi Papua Lagi

Ilustrasi: Presiden Joko Widodo (kedua dari kanan, kemeja putih) saat melakukan kunjungan kerja di Sorong, Papua Barat, pada Desember 2014. (Foto: Gomar Gultom)

SENTANI, SATUHARAPAN.COM –  Presiden Joko Widodo berjanji kepada warga Papua akan kembali ke Papua pada Desember mendatang untuk meninjau pembangunan Terminal Pasar Pharaa di Kabupaten Sentani, Papua.

"Desember saya akan datang ke sini lagi untuk mengeceknya," kata Presiden saat menjejakkan kaki di Terminal Pasar Pharaa di Kabupaten Sentani, Papua, Sabtu (9/5).

Presiden menjanjikan pasar itu selesai dibangun akhir tahun. "Kalau dilihat dari maketnya, ini kayak perumahan Papua," kata Presiden Jokowi saat mendengarkan penjelasan Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awaitouw,

Presiden juga menanyakan kepastian pasar yang dibangun menyatu dengan terminal. "Ini bagus, sesuai permintaan masyarakat karena rencana awal tidak menyatu," kata Jokowi.

Bupati Mathius lalu menjelaskan luas lahan Pasar Pharaa itu sekitar 4.000 meter persegi.

Presiden Jokowi kemudian menyebut Terminal Pasar Pharaa itu model percontohan bagi seluruh Indonesia.

"Pasar yang dibangun modern ini untuk mama-mama (pedagang) Papua. Dan ini akan menjadi contoh pembangunan pasar di seluruh Indonesia," kata Jokowi yang disambut meriah mama-mama (pedagang).

Ketua Pokja Papua Judith JN Dipodiputro optimistis pembangunan dapat selesai tepat waktu. "Kalau seluruh resources yang dibutuhkan ada, pasti selesai," kata Judith.

Dia juga mengungkapkan pembangunan Terminal Pasar Pharaa itu menghemat anggaran 50 persen dari rencana sebelumnya. "Anggaran tahun ini Rp 119 miliar, hemat 50 persen dari rencana awalnya," dia menambahkan. 

Dia juga mengungkapkan anggaran tersebut berasal dari APBD, sumbangan presiden, dan sumbangan BUMN, namun tidak menyebutkan secara terperinci alokasi anggaran itu. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home