Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:38 WIB | Selasa, 17 Mei 2016

Realisasi Anggaran KESDM April 2016 Capai 14 Persen

Kepala Pusat Komunikasi Kementerian ESDM, Sujatmiko (paling kiri) dalam acara Temu Wartawan dengan tema "Update Kinerja ESDM", di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, hari Selasa (17/5). (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Realisasi anggaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hingga April 2016 telah mencapai 14 persen meningkat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya mencapai 4 persen.

Pagu anggaran Kementerian ESDM yang disepakati dalam RAPBN 2016 sebesar Rp 7,807 triliun, lebih rendah 1,086 triliun dari usulan semula yang mencapai Rp 8,894 triliun.

“Sampai April (2016) kemarin realisasi anggaran kita 14 persen. Namun jangan dilihat 14 persennya, karena tahun lalu dan tahun sebelumnya April itu baru sampai empat persen,” kata Kepala Pusat Komunikasi Kementerian ESDM, Sujatmiko dalam acara Temu Wartawan dengan tema "Update Kinerja ESDM", di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, hari Selasa (17/5).

“Diharapkan target akhir tahun (sebesar) 90 persen dapat terlampaui,” dia menambahkan.

baca juga: Serapan Anggaran Kementerian ESDM 2015 Capai 62,9 Persen

Dia menjelaskan bahwa capaian realisasi anggaran Kementerian ESDM telah dibahas oleh Menteri ESDM Sudirman Said pada rapat interal dengan para pejabat eselon I.

Dalam rapat internal tersebut, kata Sujatmiko, juga membahas mengenai revisi undang-undang (RUU) Minyak dan Gas Bumi (Migas) dan RUU Mineral dan Batu Bara (Minerba).

“Yang kedua adalah, 2016 mudah-mudahan baik revisi undang-undang Minerba maupun Migas dapat dilaksanakan. Diharapkan dua undang-undang direncanakan selesai akhir 2016,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, rapat internal itu juga menginstruksikan kepada Badan Litbang Kementerian ESDM supaya mampu mendukung atau memberikan terobosan teknologi bagi pelaksanaan kinerja kementerian.

"Diharapkan ada sinergi antar unit dalam lingkup ESDM dan melaksanakan visi Rumah Kedaulatan ESDM,” katanya.

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home