Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 02:13 WIB | Minggu, 29 Juni 2014

Tim Samba Pulangkan Cile

Tim Samba Pulangkan Cile
Arturo Vidal (kiri) berebut bola dengan Neymar (kanan, Brasil). (Foto-foto: fifa.com).
Tim Samba Pulangkan Cile
Pendukung Brasil menonton dari tribun stadion.

BELO HORIZONTE, SATUHARAPAN.COM – Brasil mengandaskan Cile pada pertandingan perdelapan final Piala Dunia 2014 dengan kedudukan 3-2 melalui adu penalti, hasil ini diraih seusai kedua kesebelasan selama 120 menit bermain imbang 1-1 pada partai yang berlangsung Sabtu (28/6) malam WIB di Stadion Minerao, Belo Horizonte, Brasil.

Pada perempat final, Brasil akan ditunggu pemenang perdelapan final lainnya antara Kolombia dan Uruguay pada Minggu (5/7) malam WIB.  

Brasil lolos ke perdelapan final karena berhasil menjuarai Grup A, di sisi lain Cile lolos karena berada di peringkat kedua Grup B di bawah Belanda.

Tuan rumah yang tidak ingin membuat malu para pendukungnya, memulai awal yang baik karena unggul menit ke-18, gol Brasil terjadi dari kerja sama tiga pemain, Neymar yang mengumpankan bola ke Thiago Silva, si kulit bundar masih dapat diarahkan Silva ke David Luiz yang berdiri di tiang jauh, dan pemain belakang yang baru saja menandatangani kontrak di klub barunya, Paris Saint Germain ini langsung meneruskan bola masuk ke dalam gawang 

Tertinggal, Cile tidak mengendurkan permainan. Pada menit ke-32, mereka menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Berawal dari sebuah lemparan ke dalam, bola jatuh di kaki Hulk. Namun, Hulk melakukan kesalahan passing dan bola jatuh di kaki Eduardo Vargas. Dengan cepat, Vargas langsung melepaskan operan ke dalam kotak penalti Brasil.

Brasil yang berusaha keras mendapat gol gagal mendapatkannya, peluang pada menit ke-41 terjadi saat Dani Alves melepaskan bola dari luar kotak penalti, bola tendangannya memang mengarah tepat ke gawang Cile, namun kiper Claudio Bravo masih bisa menepisnya.

Brasil sempat bersorak di babak kedua, tepatnya menit ke-52 tatkala mendapat umpan dari Neymar, tetapi gol dianulir wasit Howard Webb yang memimpni pertandingan, karena Hulk terbukti menahan bola dengan tangannya sebelum memasukkan bola. Skor tetap tak berubah.  

Neymar gagal meraih peluang mencetak gol bagi tim Samba, setelah menit ke-81 penyerang Barcelona itu tidak mampu meneruskan bola sundulan dari Dani Alves, si kulit bundar tepat di pelukan penjaga gawang Cile, Bravo.

Sama halnya dengan Neymar, Hulk pun frustrasi karena bola terobosan dari Jo gagal dia manfaatkan, bola lagi-lagi aman di pelukan Bravo.

Situasi gagal dimanfaatkan Brasil karena hingga 90 menit pertandingan skor masih imbang 1-1.

Saat tambahan waktu 30 menit, Brasil masih kesulitan menembus rapatnya pertahanan Cile. Karena di menit ke-91, Eksekusi bola tendangan bebas Neymar masih mentah di pagar hidup pertahanan Cile.

Serangan dari Brasil banyak yang gagal karena bola-bola direct dari lapangan tengah terbukti efektif, namun tak ada satu pun yang mampu dimaksimalkan menjadi gol sampai saat ini.

Jo pun gagal membuat gol pada menit ke-102, sudah beberapa kali pemain pengganti ini mendapat peluang di dalam kotak penalti namun selalu gagal dalam sentuhan terakhirnya.

Cile mendapat peluang dari tendangan bebas menit ke-103,  sayang eksekusi bola mati penyerang Barcelona, Alexis Sanchez masih gagal.

Tambahan waktu 30 menit tidak membuahkan hasil bagi kedua negara, saat adu penalti Julio Cesar menyelamatkan penalti pertama Cile yang dieksekusi gelandang Cile, Mauricio Pinilla, akan tetapi kegembiraan Brasil hanya sesaat karena Willian gagal mengeksekusi bagi tim tuan rumah Piala Dunia karena melebar.

Cesar kembali membuat penyelamatan gemilang saat menepis tendangan penalti Alexis Sanchez.

Setelah Cesar unjuk gigi, Bravo di bawah mistar gawang Cile tak mau kalah piawai tatkala memblok tendangan penalti yang dieksekusi Hulk.  

Gonzalo Jara, gelandang Cile ini gagal mengeksekusi penalti terakhir sehingga Brasil melaju dengan kedudukan 3-2, sebelumnya Neymar sukses menaklukkan gawang Cile.     

Susunan Pemain:

Cile: Bravo; Silva, Jara, Medel, Aranguiz, Diaz, Isla, Mena, Sanchez, Vidal, Vargas.

Brasil: Julio Cesar; Luiz, Marcelo, Silva, Alves, Gustavo, Oscar, Fernandinho, Fred, Hulk, Neymar. (fifa.com/sportsmole.co.uk)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home