Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:46 WIB | Kamis, 03 Agustus 2023

UK Maranatha Top 3 PTS Terbaik Jabar, 50 Besar Webometrics 2023

Foto: HO

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Universitas Kristen (UK) Maranatha masuk peringkat 50 besar Indonesia Webometrics Ranking Web of Universities yang dirilis Juli 2023. 

UK Maranatha menempati posisi 49 dari 3.284 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Indonesia yang masuk dalam daftar pemeringkatan.

Webometrics Ranking Web of Universities edisi Juli 2023 memeringkat total 31.000 perguruan tinggi di lebih dari 200 negara. 

Sementara itu jajaran tiga besar PTS di wilayah Jawa Barat (Jabar), Indonesia dengan urutan teratas yaitu Telkom University (peringkat 1268 dunia), Universitas Gunadarma (peringkat 2935 dunia), dan Universitas Kristen Maranatha (peringkat 3725 dunia).

Rektor UK Maranatha, Prof. Ir. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D., IPU mengucap syukur atas penyertaan dan karunia Tuhan bagi UK Maranatha, sehingga dapat terus berkembang dan berprestasi.

Prof. Sri dalam beberapa kesempatan mengingatkan para dosen dan seluruh civitas academica agar terus meningkatkan kinerja tridarma.

“Terima kasih atas karya rekan-rekan UK Maranatha yang luar biasa,” ungkap Prof. Sri memberikan apresiasi kepada seluruh civitas academica dikutip Kamis (3/8).

Universitas Terbaik Jawa Barat

Rektor juga berpesan agar prestasi dan pencapaian UK Maranatha tidak hanya demi pengembangan ilmu pengetahuan semata, tetapi juga dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Terus melaju untuk memberikan dampak positif ke masyarakat luas,” lanjutnya.

Robby Yussac Tallar, S.T., M.T., Dipl. IWRM., Ph.D., Sekretaris Umum Universitas Kristen Maranatha ikut bersyukur atas pencapaian peringkat tahun ini.

“Sangat bersyukur atas kabar baik ini, Maranatha dapat masuk posisi 3 PTS terbaik Jawa barat, dan 50 besar Indonesia,” ungkapnya.

“Ini membuktikan bahwa kualitas UK Maranatha sebagai universitas Kristen terbaik di Jawa Barat tidak perlu diragukan lagi,” lanjut Robby.

Robby berharap agar kenaikan peringkat ini dapat terus dipertahankan.

Ia mengatakan, “Kolaborasi semua pihak harus terus dijaga, baik dari mahasiswa, dosen, juga rekan-rekan pendukung akademik.”

Robby mengajak semua pihak untuk dapat saling berkolaborasi. Tidak hanya dalam faktor akademik saja, tetapi juga unsur-unsur pendukung dari sisi teknologi dan pengelolaan platform media informasi.

“Pemeringkatan Webometrics ini kriterianya semakin tinggi, sehingga perlu upaya dari semua pihak untuk mempertahankan dan meningkatkannya,” pesan Robby.

Webometrics melakukan pemeringkatan berdasarkan kriteria yang terdiri dari tiga indikator, yaitu visibility, transparency atau openness, dan excellence atau scholar. Masing-masing indikator berbobot 50%, 10%, dan 40%.

Indikator visibility (impact rank) berkaitan dengan content impact dari website universitas, sedangkan openness rank dan excellence rank berkaitan dengan kinerja publikasi ilmiah.

UK Maranatha pada edisi pemeringkatan Juli 2023 memperoleh impact rank 3293, openness rank 2860, dan excellence rank 5107.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home