Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 13:15 WIB | Rabu, 03 Agustus 2016

WADA Segera Umumkan Atlet Positif Doping Sochi 2014

Ilustrasi: Seorang relawan melompat di depan simbol cincin Olimpiade di Olympic Park, Rio de Janeiro pada 1 Agustus 2016 menjelang pembukaan Olimpiade Rio 2016. (Foto: AFP /Andrej Isakovic)

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM – Badan Antidoping Dunia (WADA) dalam waktu dekat akan mengumumkan sejumlah nama atlet Rusia yang terbukti positif doping saat berlaga pada Olimpiade Musim Dingin 2014, yang kala itu berlangsung di Sochi, Rusia.  

Menurut Presiden WADA, Craig Reedie, dalam konferensi pers yang dijelaskan lagi di kantor berita Rusia, tass.ru, hari Rabu (3/8), setelah melakukan pengujian ulang sampel yang terbukti positif doping, WADA selanjutnya akan menyerahkan sejumlah nama tersebut kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Reedie menambahkan Rusia merekayasa sistem doping di Sochi 2014 untuk mengobati kekecewaan karena empat tahun sebelumnya mengalami kegagalan, saat ajang tersebut diselenggarakan di Vancouver, Kanada.  

Anggota Komisi Independen WADA, Richard Mclaren, memberi laporan resmi pada 18 Juli tentang manipulasi tes doping yang dilakukan pejabat dan atlet Rusia di Olimpiade Musim Dingin 2014.

Mclaren menjelaskan pihaknya menemukan bukti Kementerian Olahraga Rusia dan Komite Olimpiade Rusia mendukung program doping dalam olahraga, salah satu contohnya yakni adanya laporan yang menyatakan hilangnya  643 sampel doping yang dinyatakan positif dari atlet Rusia di ajang tersebut.

Berdasar kecurangan yang dilakukan Rusia tersebut, WADA merekomendasikan IOC dan  Komite Paralimpik Internasional (International Paralympic Committee/IPC) untuk melarang atlet Rusia dari semua kompetisi olahraga internasional, termasuk Olimpiade. (tass.ru)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home