Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:54 WIB | Selasa, 05 April 2016

Wagub Target 2017 Seluruh Sekolah DKI UN Komputer

Kepala Dinas Pendidikan Sopan Adrianto (kiri) dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat melihat ruangan UPS di SMA Negeri 2 Jalan Gajah Mada, Taman Sari, Jakarta Barat, hari Selasa (5/4). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menargetkan tahun 2017 seluruh sekolah di DKI Jakarta sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terutama di sekolah-sekolah swasta.

“Sekolah yang menggunakan UNBK di Jakarta masih cukup rendah, terutama untuk sekolah-sekolah swasta. Oleh karenanya, tahun 2017, kita targetkan semua sekolah menggunakan sistem UNBK. Semua sekolah SMP dan SMA, baik negeri maupun swasta,” kata Djarot usai melihat penyelenggaraan UNBK di SMAN 2, Jalan Gajah Mada, Taman Sari, Jakarta Barat, hari Selasa (5/4).

Contohnya, lanjut dia, dalam Rayon Jakarta Barat I, ada 12 SMA Swasta yang belum menerapkan UNBK sedangkan di seluruh sekolah negeri sudah menerapkan UNBK.

Menurutnya, sekolah swasta sulit menerapkan UNBK karena seluruh dana tergantung yayasan. Oleh karena itu, pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan upaya subsidi silang untuk sekolah swasta. Kemudian, cara yang lain adalah jika pihak sekolah swasta belum dapat menyediakan komputer untuk ujian, maka mereka dapat meminjam komputer dari sekolah menengah pertama (SMP) terdekat di lokasi sekolahnya karena ujian nasional SMA lebih dahulu dilakukan dari ujian nasional SMP.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, peserta UN SMA dan sederajat mencapai 133.961 siswa. Dengan rincian 51.190 siswa SMA, 64.474 siswa SMK, 71 siswa SMA Luar Biasa (LB), 6.839 siswa Madrasah Aliyah (MA) dan paket C 11.387 siswa.

Untuk peserta UNBK ada sebanyak 63.883 siswa dari 203 SMA, 167 SMK dan 10 SMA. Sedangkan peserta Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) sebanyak 78.070 siswa.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home