Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 02:55 WIB | Minggu, 13 April 2014

Arsenal Melaju Final Piala FA, Tundukkan Wigan Adu Penalti

Chamberlain (kaus merah putih, Arsenal) mencoba menendnag bola akan tetapi tertahan kiper Wigan, Scott Carson (kaus kuning). (Foto: fifa.com).

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Arsenal memastikan satu tempat di Final Piala FA setelah menundukkan Wigan Athletics dengan skor total 4-2 melalui adu tendangan penalti, pada pertandingan semi final yang berlangsung, Minggu (13/4) dini hari WIB, di Stadion Wembley, London.

Arsenal langsung menggebrak dan tidak memberi ruang gerak bagi peringkat ke-13 Liga Inggris tersebut, terbukti pada menit kelima Alex Oxlade Chamberlain nyaris membuka keunggulan Arsenal, peluang bermula Chamberlain melakukan penetrasi dari sisi kanan yang dituntaskan dengan umpan silang ke muka gawang. Bola kemudian menuju rekannya, Yaya Sanogo tapi penjaga gawang Wigan, Scott Carson, masih mampu menepis sundulan Yaya.

Arsenal kembali nyaris membuka keunggulan menjelang akhir babak pertama, akan tetapi sontekan Yaya Sanogo yang mendapat umpan dari Cazorla, bola masih dapat ditahan Carson.

Wigan malah mendapat keuntungan, karena melalui serangan balik Wigan mencuri gol menit ke-63, saat sayap kanan Wigan, Callum Mcmanaman berhasil memasuki kotak penalti dan dilanggar oleh Per Mertesacker sehingga wasit memberinya hadiah penalti. Eksekusi penalti dilaksanakan dengan baik oleh Jordi Gomez yang melesakkan bola di sebelah kanan gawang Arsenal yang dijaga Lukasz Fabianski.  

Arsenal sebagai tim unggulan tidak patah semangat, menit ke-78 Bacary Sagna menciptakan peluang melalui sundulan tetapi bola menghantam tiang gawang, sama halnya dengan bola yang disundul rekannya Kieran Gibbs masih dapat digagalkan Carson tiga menit kemudian.

Percobaan peluang yang berhasil menjadi gol dari Arsenal terjadi di menit ke-82, Chamberlain dari situasi di sayap kanan pertahanan Wigan berhasil lolos dan tanpa berpikir panjang melihat rekannya, Mertesacker yang tanpa pengawalan di kotak penalti, dan umpan Chamberlain disambut Mertesacker berujung gol yang mampu menyeimbangkan keadaan. Arsenal bersemangat dengan keadaan tersebut dan pada menit ke-88 menciptakan peluang lagi, akan tetapi bola hasil tendangan penyerangnya, Olivier Giroud masih tertahan kegemilangan kiper Wigan, Carson.

Pertandingan berlanjut ke Perpanjangan Waktu dan Adu Penalti

Kedudukan imbang memaksa pertandingan dilanjutkan perpanjangan waktu selama 30 menit, dan masih menyisakan peluang bagi Arsenal, akan tetapi Wigan sempat mendapat kesempatan unggul melalui serangan balik, akan tetapi bola hasil umpan Caldwell ke James Perch belum berbuah gol, karena bola sundulan Perch masih melebar dari gawang Lukasz Fabianski.

Pada babak adu tendangan penalti dua pemain Wigan, Caldwell dan Collison gagal menuntaskan tugasnya, sementara McArthur dan Beausejour berhasil mencetak gol. Pada sisi lain, empat pemain Arsenal, Mikel Arteta, Kim Kallstrom, Olivier Giroud, dan Santiago Cazorla sukses menyarangkan bola ke gawang Carson, dan berarti Arsenal lolos ke final Piala FA. (sportsmole.co.uk/bbc.co.uk).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home