Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:30 WIB | Sabtu, 14 Maret 2015

Menpora Ingin Setiap Pemda Miliki Tempat Olahraga

Menpora Imam Nahrawi (paling kanan) bersama beberapa menteri Kabinet Kerja lainnya saat acara minum jamu di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu. (Foto: kemenpora.go.id).

JEMBER, SATUHARAPAN.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengharapkan setiap pemerintah daerah (pemda) memiliki sarana olahraga.

"Setiap pemerintah daerah, swasta maupun BUMN didorong untuk berinisiatif memberikan wadah bagi olahraga sesuai dengan kemampuan daerah," kata  Imam Nahrawi di sela-sela meninjau Stadion tipe B sesuai standar FIFA di kompleks "Jember Sport Garden", Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (13/3).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu kagum dengan "master plan" Jember Sport Garden yang akan digunakan sebagai arena olahraga, sekaligus rekreasi dengan lahan seluas 50 hektare.

Kabupaten Jember, lanjut dia, dapat menjadi contoh kabupaten lain karena dengan kompleks olahraga itu akan menjadi peluang yang baik bagi dunia olahraga di masa akan datang dan tidak hanya bergantung pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara.

"Dalam master plan itu, selain stadion, ada sirkuit yang juga bisa membangkitkan potensi ekonomi di masyarakat. Itu akan mendorong kemandirian daerah dalam menjalankan otonomi daerah," kata Imam.

Ia juga mengacungi jempol Pemerintah Kabupaten Jember yang menggabungkan arena olahraga dengan tempat rekreasi, sehingga seperti kompleks Stadion Senayan di Jakarta.

"Kalau pembangunan JSG sudah tuntas,  tidak menutup kemungkinan Jember layak dijadikan sebagai tuan rumah penyelenggaraan event-event olahraga tingkat nasional, bahkan internasional," kata Imam. 

Dengan fasilitas olahraga yang baik, lanjutnya, diharapkan muncul bibit-bibit atlet yang bisa mengharumkan nama Jember dan bangsa Indonesia. "Daerah yang memiliki cabang olahraga unggulan akan didorong agar bisa berkembang dan dapat bersaing menjadi atlet nasional karena Kemenpora akan mengeluarkan kebijakan untuk memfasilitasi semua daerah harus memiliki cabang olahraga unggulan," kata Imam. (Ant).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home