Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 13:10 WIB | Senin, 24 Februari 2014

Olimpiade Sochi Ditutup, Rusia Juara Umum

Penutupan Olimpiade Musim Dingin di Sochi, Rusia, Minggu (23/2). (Foto: ria.ru)

SOCHI, SATUHARAPAN.COM - Presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach, menuutup Olimpiade Musim Dingin ke-22 pada hari Minggu (23/2) dalam upacara yang spektakuler  setelah 15 hari kompetisi olahraga yang berlangsung di Sochi, kota di pantai Laut Hitam .

"Saya menyatakan tanggal 22 Olimpiade Musim Dingin ditutup , " kata Bach dari podium di tengah Stadion Olimpiade Fisht. Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Bach bertemu sesaat sebelum upacara pembukaan untuk mengucapkan selamat atas penyelenggaraan yang sukses .

Kepada para atlet, Bach mengatakan, "Anda telah unggul dalam kompetisi , Anda telah berbagi emosi  dengan kami dan seluruh dunia." Dia juga memuji Putin untuk pemimpinnya dan "komitmen pribadi untuk keberhasilan yang luar biasa dari olimpiade ini."  Olimpiade musim dingin ini merupakan projek besar Putin.

Rusia Juara Umum

Dalam olimpiade ini, Rusia menjadi juara umum dengan memperoleh 13 medali emas, 11, perak, dan 9 perunggu, disusul Norwegia dengan 11 emas, 5 perak dan 10 perunggu.

Sedangkan Kanada dan Amerika Serikat pada urutan ketiga dan keempat. Kanada dengan 10 emas, 10 perak dan 5 perunggu; AS dengan 9 emas, 7 perak, dan 12 perunggu. Sedangkan yang masuk sepuluh besar adalah Belanda, Jerman, Swiss, Belarus, Austia, dan Prancis.

Setelah kekecewaan pada olimpiade musim dingi sebelumnya, Rusia menjadi juara umum dengan  13 emas. Empat tahun lalu, dalam olimpiade musim dingin di Vancouver,  Rusia hanya memperoleh tiga mendali emas.

Sebelumnya upacara penutupan yang bertema "Refleksi Rusia" menampilkan peran dan kontribusi yang cukup besar dari tokoh Rusia di bidang seni, dengan menampilkan  penari balet Bolshoi, mengangkat peran sastrawan  LeoTolstoi dan Dostoevsky. Juga ditampilkan nomor piano dari Concerto No 2 oleh pianis Rusia, Denis Matsuev.

Upacara penutupan itu memang spaktakuler dengan permainan cahaya dan panggung yang bergerak dari sub tema satu ke yang lain dengan indah.

Pada bagian akhir upacara, model raksasa tiga maskot: beruang, kelinci dan macan tutul  menari di arena dan akhirnya berkumpul di sekitar api Olimpiade. (ria.ru.)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home