Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:30 WIB | Senin, 14 September 2015

Pemerintah Mendorong Kejurnas NPC Berlangsung Tiap Tahun

Pemerintah Mendorong Kejurnas NPC Berlangsung Tiap Tahun
Atlet balap kursi roda Provinsi DKI Jakarta, Baharuddin saat berlatih di Gelanggang Atletik, Rawamangun, Jakarta beberapa waktu lalu. (Foto-foto: Dok. satuharapan.com/ Prasasta Widiadi).
Pemerintah Mendorong Kejurnas NPC Berlangsung Tiap Tahun
Atlet panahan difabel Provinsi DKI Jakarta, paling kiri, Jujur Saragih, Slamet (tengah), dan Zainuddin (kanan) saat berlatih di Lapangan Panahan Pulomas, Jakarta Timur.

SOLO, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) berharap Kejuaraan Nasional (Kejurnas) National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dapat berlangsung tiap tahun dengan tujuan  atlet difabel dapat terpantau dengan maksimal oleh NPC.

“Pemerintah mendorong agar Kejurnas ini bisa rutin dilakukan untuk pembinaan prestasi yang luar biasa,” ujar Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Djoko Pekik Irianto, saat membuka Kejurnas NPC Indonesia di Hotel Dwangsa HAP, Solo, Jawa Tengah, Minggu (13/9) malam.

Djoko menjelaskan kejurnas ini  dijadikan ajang uji coba para atlet pemusatan latihan nasional (pelatnas)  yang akan turun di ASEAN Paragames 2015  Desember mendatang di Singapura.  

“Para atlet pelatnas juga tidak boleh senang-senang, karena promosi dan degradasi tetap akan dilakukan hingga entry by name ASEAN Paragames, Oktober nanti. Semua atlet non-pelatnas bisa menunjukkan penampilan terbaik di sini dan mempunyai peluang serupa karena hanya atlet terbaik yang dikirim ke Singapura,” kata Djoko.  

Sebanyak 495 atlet dari 25 provinsi siap berkompetisi di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) National Paralympic Committee (NPC) Indonesia 2015 yang akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah, mulai Senin (14/9) hingga Kamis (17/9)  mendatang. Mereka akan turun di lima cabang olahraga yaitu renang, atletik, tenis meja, angkat besi, dan catur.

Terpisah, Ketua Panitia Pelaksana Rio Suseno menjelaskan bahwa lima cabang olah raga yang dipertandingkan di Kejurnas ini diharapkan dapat menjadi juara umum di Singapura. Peluang Indonesia untuk bisa mempertahankan juara umum layaknya di ASEAN Paragames Myanmar 2013 terbuka lebar mengingat nomor unggulan cabang olah raga atletik jadi dipertandingkan di Negeri Singa.

“Di Asean Paragames Singapura  nanti memang akan mempertandingkan 13 cabang olah raga, namun lima cabang olah raga ini  kami harap bisa tampil sebagai unggulan karena ini merupakan gudang emas dan kita harus bisa mempertahankan gelar juara umum itu,” kata Rio optimistis.  (kemenpora.go.id).

Baca Juga

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home