Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 23:12 WIB | Jumat, 01 November 2013

Pertandingan Persahabatan, Indonesia Bantai Kyrgiztan

Para pemain kesebelasan Indonesia saat menghadapi Kyrgiztan (foto: goal.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Jacksen Tiago berhasil mengobati kekecewaan penggemar sepakbola Indonesia setelah beberapa hari lalu pada pertandingan persahabatan yang berlangsung di Yogya melawan kesebelasan Timor Leste hanya bermain tanpa gol, malam ini, Jumat (1/11) Jacksen Tiago benar-benar berhasil membuktikan bahwa anak buahnya bermain maksimal dengan menghajar Kyrgiztan 4-0, walau hanya pertandingan persahabatan.

Pada pertandingan yang berlangsung Jumat (1/11) malam di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Indonesia menggebrak pada menit awal, tetapi dari serangan-serangan di tiga menit pertama, malah Kyrgiztan yang datang hampir membobol gawang Indonesia.

Kerjasama dua penyerang, Almirov dan Murzaev di awal babak pertama atau di menit ke-5 menciptakan peluang berharga bagi Kyrgiztan, kerja sama kedua penyerang ini nyaris membuahkan gol bagi tim dari Asia Tengah ini apabila bola yang telah dikuasai Filatov dapat dia eksekusi dengan tenang, sayang sekali bola tendangan Filatov lemah dan dapat dengan mudah dikuasai, I Made Wirahadi.

Gantian Indonesia mengancam, dua menit kemudian datang peluang bagi Indonesia pergerakan penyerang baru Indonesia, Zulham Zamrun berbahaya dan mendekati kotak penalti Kyrgiztan tetapi bola hasil tendangan Zulham mudah diantisipasi penjaga gawang Kyrgiztan, Matiash.

Kyrgiztan mengancam lewat sepak pojok dari Amirov, tetapi bola masih bisa dipatahkan bek Indonesia, Victor Igbonefo.

Penyerang Kyrgriztan, Mehmet Izrailov menyodorkan bola bagi rekannya, Elijah di sisi kiri namun bola sulit diantisipasi pada menit ke-24. Semenit kemudian Indonesia gantian mengancam gawang Matiash, kesempatan melalui bola sundulan pemain berdarah Belanda Raphael Maitimo, sayang sekali bola tersebut masih ada di atas mistar lawan. Pada menit ke-27 Indonesia berhasil meraih gol pertama, serangan cepat Indonesia membuahkan hasil ketika umpan matang Samsul Arif berhasil dieksekusi sempurna oleh Zulham Zamrun.

Zulham Zamrun mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-38, kerjasamanya dengan Samsul berhasil memperdaya kiper Kyrgyzstan, Matiash. Unggul dua gol tidak membuat Indonesia mengendurkan tekanan, para justru tampak lebih nyaman dalam menguasai bola.

Sepasang gol Zulham Zamrun menghiasi jalannya babak pertama yang memang lebih didominasi oleh skuat Garuda.

Kyrgiztan yang menempati peringkat ke-96 FIFA pada babak kedua kelelahan, dan kehabisan stamina akibatnya  menit ke-64, seharusnya dapat dimanfaatkan oleh Indonesia, namun malah dua penyerang Indonesia di lini depan dan sama-sama baru dimasukkan pada babak kedua, Titus Bonai dan Boaz salossa di lini depan malah terkadang kehilangan bola.

Indonesia benar-benar memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-66, sepakan akurat Titus Bonai ke tiang jauh. Indonesia tidak memberi ampun kepada salah satu negara di kawasan Asia Tengah tersebut, Jufriyanto menutup kemenangan tim Merah-putih usia 23 tahun tersebut membobol gawang Kyrgiztan untuk kali keempat.

Hingga peluit akhir dibunyikan Indonesia terus menggempur Kyrgyzstan. Namun tidak ada gol tambahan, racikan baru Jacksen dengan menduetkan Zulham dan Samsul membuat permainan Indonesia atraktif dan terlihat sebagai tim yang lebih baik untuk menuju Cina 15 November mendatang.

Susunan pemain :

Indonesia (4-3-2-1): I Made Wirawan (GK); M Roby, Victor Igbonefo, Ruben Sanadi, Hasim Kipuw; Ahmad Jufriyanto, M Taufiq, Ahmad Bustomi (C); Raphael Maitimo, Zulham Zamrun; Samsul Arif.

Kyrgyzstan (4-3-3): Pavel Matiash (GK); Artur Muladhzanov, Faruh Abitov, Elijah Aryee, Takhir Avchiev; Akhlidin Israilov, Vadim Karchenko (C), Khursit Lutfullaev; Milan Murzaev, Ivan Filatov, Ildar Amirov. (goal.com/ fifa.com)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home