Loading...
BUDAYA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:13 WIB | Kamis, 26 Juni 2014

Sukses Festival, XXI Hadirkan Kompilasi Pemenang Film Pendek

Empat dari tujuh sutradara yang memenangkan XXI Short Film Festival. Dari kiri-kanan: Samuel Ruby, Akar, Ardhira Anugerah Putra, Aditya Ahmad. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Setelah sukses menyelenggarakan festival film pendek, XXI Short Film Festival 2014 melalui Cinema 21 akan menghadirkan kompilasi film-film pemenang XXI Short Film Festival 2014 di bioskop XXI/21 di sembilan kota besar di Indonesia.

“Di setiap akhir dari penyelenggaraan XXI Short Film Festival, bioskop 21 akan merilis film-film pemenang dari XXI Short Film Festival 2014,” kata Nauval Yazid, Program Director XXI Short Film Festival di Lounge Kasablanka XXI, Jakarta, Kamis (26/6).

“Memang itulah komitmen kami yang membedakan dengan festival-festival film lainnya bahwa karena diselenggarakan oleh Cinema 21 maka film-film pemenang akan kami tayangkan di beberapa bioskop. Tahun ini kita akan merilis di sembilan kota dan total ada 11 bioskop mulai Kamis, 3 Juli 2014.”

Acara ini juga menandai dimulainya kembali rangkaian kegiatan XXI Short Film Festival 2015 mendatang. Festival yang akan diselenggarakan sekitar bulan oktober biasanya akan diawali dengan workshop dan membuka pendaftaran untuk ikut serta dalam XXI Short Film Festival 2015 pada bulan Agustus 2014.

Ketujuh film yang menjadi pemenang dalam XXI Short Film Festival 2014 adalah Horison yang disutradarai oleh Samuel Ruby. Film ini meraih penghargaan Film Pendek Favorit Penonton. Film kedua adalah Asiaraya yang memenangkan penghargaan Special Mention Official Jury untuk Film Pendek Animasi. Film ini disutradarai oleh Anka Atmawijaya Adinegara.

Film ketiga berjudul Akar dengan sutradara Amelia Hapsari yang meraih penghargaan Film Pendek Dokumenter Terbaik dan Special Mention Film Pendek Dokumenter Pilihan Media. Film keempat yaitu Selamat Tinggal, Sekolahku yang disutradarai oleh Ucu Agustin ini berhasil memenangkan Film Pendek Dokumenter Pilihan Media.

Film kelima yaitu Lembar Jawaban Kita yang disutradarai oleh Sofyana Ali Bindiar ini memenangkan  kategori Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan IMPAS (Indonesian Motion Picture Association). Kemudian film keenam adalah Kitik yang memenangkan Film Pendek Animasi Terbaik dan Film Pendek Animasi Pilihan Media. Film ini disutradarai oleh Ardhira Anugerah Putra.

Film ketujuh yaitu Sepatu Baru yang disutradarai oleh Aditya Ahmad berhasil memenangkan Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik dan Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media.

Dalam konferensi persnya, para sutradara rata-rata mengaku sangat tersanjung dan tidak menyangka bahwa film mereka akan memenangkan festival film pendek yang diselenggarakan oleh Bioskop 21.

Amelia Hapsari mengaku bahwa pada awalnya film yang dia buat ini merupakan film yang akan diputar untuk hari pernikahannya dengan mengangkat kebudayaan etnis Tionghoa yaitu keluarganya sendiri.

“Saya awalnya tidak menyangka bahwa film ini akan menang ,mengingat sangat sulit untuk mengumpulkan dan mengedit potongan gambar yang telah dibuat. Tapi ternyata mendapat sambutan yang sangat baik, saya merasa bangga.”

Lain lagi halnya dengan Aditya Ahmad yang semula membuat film ini untuk sebuah tugas di salah satu mata kuliahnya.

Film ini akan hadir di bioskop 21 pada tanggal 3 Juli 2014 di beberapa kota yaitu Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Banjarmasin, dan Makassar.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home