Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:58 WIB | Selasa, 16 Agustus 2016

Tontowi-Liliyana ke Final Ganda Campuran

Foto: badmintonindonesia.org

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM - Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir berhasil maju ke babak final nomor ganda campuran bulu tangkis Olimpiade ke-31 di Rio de Janeiro, Brasil, setelah menaklukkan unggulan pertama dari Tiongkok Zhang Nan-Zhao Yunlei 21-16, 21-15 Senin (15/8) malam waktu setempat.

Kemenangan tersebut membuka harapan bagi Indonesia untuk meraih medali emas yang belum digenggam Indonesia di Olimpiade tahun ini.

Game pertama Tontowi-Liliyana langsung meladeni permainan cepat lawannya yang tampil kurang padu dan sering membuat kesalahan sendiri.

Pasangan Indonesia tersebut dapat menyelesaikan game pertama 21-16 dalam waktu 25 menit.

Game kedua Zhang-Zhao yang kini berperingkat nomor satu dunia tersebut kembali mendapat perlawanan ketat dari Tontowi-Liliyana yang dapat memimpin hingga 11-8.

Liliyana yang sudah tiga kali tampil di Olimpiade tersebut cukup tenang di depan untuk menunggu pengembalian lawan dengan smesnya.

Skor pun bergerak ketat 12-12, 14-14, kemudian Tontowi-Liliyana sempat unggul 16-14, 17-14 dengan smes-smes yang bergantian. 

Pasangan ganda campuran Indonesia itu makin percaya diri, sementara pasangan Tiongkok lawannya sudah tampak lelah. Pukulan Zhang yang keluar, memastikan kemenangan pasangan Indonesia 21-15.

"Kami tidak ingin larut dalam kemenangan di semifinal ini karena masih ada partai final, kata Liliyana. Senada dengan Liliyana, Tontowi mengatakan bahwa fokus mereka adalah medali emas Olimpiade, sehingga harus tetap mempersiapkan diri lagi meskipun sudah menang melawan unggulan pertama. 

"Kami tidak boleh sombong dulu, pertandingan final akan lebih berat," kata Tontowi. 

Final ganda campuran akan berlangsung Rabu 17 Agustus mendatang di arena Riocentro, Rio de Janeiro. Di final Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan pasangan Malaysia, Chan Peng Soo/Goh Liu Ying. Chan/Goh melaju ke final usai mengalahkan pasangan Tiongkok, Xu Chen/Ma Jin, 21-12 dan 21-19.  

Sementara di tunggal putra, Tommy Sugiarto tak dapat memenuhi ambisinya untuk melaju ke babak perempat final Olimpiade Rio de Janeiro 2016 usai dihentikan Rajiv Ouseph (Inggris Raya), di babak 16 besar, dengan skor 13-21, 21-14, 16-21. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home