stripe
Gadget

8 Cara Tingkatkan Kualitas Sinyal WiFi Router

Penulis : Prasto Prabowo
8 Cara Tingkatkan Kualitas Sinyal WiFi Router
Foto : Ilustrasi. Sumber : Istimewa

SATUHARAPAN.COM/LIFE – Jika dulu informasi didapatkan melalui koran, majalah, radio atau TV. Saat ini media yang paling banyak diakses jelas adalah melalui internet. Oleh karena itu, diperlukan sarana untuk mendapatkan sinyal agar internet berjalan baik. Salah satu koneksi yang banyak dipakai adalah dengan menggunakan WiFi router.  Bagaimana agar sinyal yang dihasilkan WiFi router bisa maksimal?

1.Tempatkan di bagian tengah ruangan. Jangan taruh di dekat jendela yang menyebabkan sinyal bisa “bocor” keluar ruangan. Meletakkan router di bagian tengah ruangan akan memberikan efek sinyal lebih kuat. Taruh di tempat khusus yang terbuka dan jangan ditaruh di lantai.

2.Berdirikan antena. Ini akan membuat sinyal router terpancar dengan sempurna dan lebih mampu menjangkau seluruh ruangan.

3.Cek signal power. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan mengecek sinyal router seperti Cloudcheck atau Amped.  Ini akan membantu memberi gambaran bagian ruangan mana yang bagus penerimaan sinyal dan mana yang kurang baik.

4.Jika perlu, ganti antena. Jika anda berkeinginan ber-internet hanya dari satu titik, ada baiknya mengganti antena router dengan tipe high gain antenna yang sifat penyebaran sinyalnya nya hanya ke satu titik dan fokus. Antena standar router menggunakan tipe omni directional yang sifatnya  menyebarkan sinyal ke berbagai arah. Semua tergantung kebutuhan anda.

5.Mengganti wireless channel. Dalam keadaan standar, terdapat banyak channel di dalam router. Ubah ke channel yang lebih sedikit agar sinyal yang dihasilkan lebih kuat. Channel yang disarankan adalah 1, 6, dan 11 karena cenderung minim gangguan.

6.Selalu update firmware. Produsen router biasanya menyediakan firmware terbaru di website resmi mereka. Lakukan update secara berkala.

7.Jauhkan dari perangkat elektronika lain. Router bekerja pada sebuah frekuensi. Dan ini bisa “bertabrakan” dengan sinyal alat elektronik lain. Sebut saja telepon wireless. Kedua alat ini memiliki gelombang yang sama yaitu bekerja pada frekuensi 2,4 GHz. Jika menggunakan telepon wireless jangan dekat-dekat posisi router.

8.Tambahkan wireless repeater. Jika ruangan anda cukup luas dan bersekat, ada baiknya menambah alat ini agar sinyal lebih optimal di semua tempat di dalam ruangan. [berbagai sumber]

Share
Article
Share to Twitter
Share to Facebook
Share to Google Plus
Thank you for subscribing our newsletter